Liga Spanyol

3 Fakta Jelang Real Madrid vs Barcelona, El Clasico Jilid 2 di 2020

Sabtu, 29 Februari 2020 17:40 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Adria Puig/Anadolu Agency via Getty Images
Luis Suarez vs Sergio Ramos di El Clasico Barcelona vs Real Madrid pada bulan Desember 2019 lalu Copyright: © Adria Puig/Anadolu Agency via Getty Images
Luis Suarez vs Sergio Ramos di El Clasico Barcelona vs Real Madrid pada bulan Desember 2019 lalu

INDOSPORT.COM – Sebentar lagi LaLiga Spanyol akan melangsungkan salah satu laga terbesar dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya di dunia.

Laga tersebut mempertemukan Real Madrid vs Barcelona dan akrab disebut sebagai El Clasico. Salah satu derbi terpanas di jagad sepakbola dunia.

Barcelona sementara ini berada di puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol dengan raihan 55 poin. Terpaut 2 poin dari Madrid yang menguntit ketat di posisi kedua. Selisih poin sedikit tersebut akan semakin menambah rivalitas yang akan terjadi di El Clasico jilid 244 mendatang.

Dilansir dari AS, berikut adalah 3 fakta yang terjadi selama El Clasico dilangsungkan baik di LaLiga Spanyol, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Liga Europa, atau Piala Super Eropa. Fakta-fakta ini adalah bumbu penyedap setiap kedua klub ini bertemu di atas lapangan hijau.

Lionel Messi adalah Raja El Clasico

Messi memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang gelaran El Clasico dengan catatan 26 gol. Catatan gol miliknya bahkan unggul jauh dari catatan milik trio legenda Madrid, Alfredo Di Stefano, Cristiano Ronaldo dan Rail Gonzalez.

Selain itu, Messi juga tercatat sebagai pemegang umpan terbanyak sepanjang sejarah El Clasico dengan raihan 14 umpan. Dirinya juga termasuk ke dalam daftar pemain yang mampu mencetak 2 hattrick sepanjang sejarah gelaran tersebut.

Barcelona Masih Unggul Atas Madrid

Dari 243 laga kompetitif yang pernah dilangsungkan, Barcelona masih menjadi pemenang dengan total kemenangan sebanyak 96 kali. Sementara Madrid harus rela kalah tipis dengan catatan 95 kali. Sisanya, sebanyak 52 laga harus berakhir dengan hasil imbang.

Madrid Masih Pegang Rekor Kemenangan Terbesar

Los Blancos masih menjadi pemegang rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah El Clasico yang mereka catatkan di Copa del Rey tahun 1943 dengan skor 11-1.

Sementara, kemenangan terbesar El Clasico di LaLiga Spanyol juga tercatat masih menjadi milik Madrid ketika pada tahun 1935 mereka berhasil menggunduli serdadu Catalan tersebut dengan skor 8-2.