Liga Indonesia

3 Keistimewaan Tijani Belaid yang Membuatnya Layak Dilirik Persija Jakarta

Senin, 2 Maret 2020 16:07 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Tijani Belaid saat berseragam Inter Milan dan Club Africain. Copyright: © Getty Images
Tijani Belaid saat berseragam Inter Milan dan Club Africain.

INDOSPORT.COM - Tijani Belaid, jebolan klub Liga Italia Inter Milan mengaku tertarik bergabung dengan Persija Jakarta. Tiga alasan berikut membuat namanya layak dipertimbangkan.

Berawal dari keinginan klub Liga 1 Persija Jakarta mendatangkan pemain asing lagi jika proses naturalisasi Marc Klok rampung, menarik minat mantan pemain Inter Milan, Tijani Belaid.

Ketertarikan itu diungkapkan langsung Tijani Belaid kepada INDOSPORT. Pemain asal Tunisia itu mengaku bergabung ke Persija Jakarta karena merupakan salah satu tim terbaik di Indonesia dengan suporter terbanyak, stadion megah, dan kota yang bagus.

Ketertarikan Tijani Belaid tersebut pada akhirnya sangat layak untuk ditindaklanjuti oleh Persija Jakarta. Sebab pemain 32 tahun itu setidaknya memiliki tiga keistimewaan yang membuat namanya layak dilirik untuk Persija Jakarta.

Apa saja keistimewaan tersebut. Berikut INDOSPORT merangkumkan.

Kemampuan Assist

Keistimewaan pertama yang ada pada sosok Tijani Belaid adalah kemampuan spesialnya dalam hal melepaskan umpan atau assist yang bisa berujung gol.

Hal itu tercermin dari statistiknya selama dua kali bermain di Liga 1. Pada musim 2017, kala memperkuat Sriwijaya FC, Tijani Belaid bisa mencetak 12 assist dari hanya 26 penampilan. Sementara di Liga 1 2018, 13 kali bermain untuk Borneo FC, dirinya bisa mencetak tiga assist dan juga tiga gol.

Dengan kemampuan spesial tersebut, Tijani Belaid menjadi pemain yang layak dipertimbangkan. Sebab saat ini dengan masih sangat suburnya Marko Simic, mereka jelas lebih membutuhkan tipikal playmaker yang lebih bisa menghadirkan umpan matang, dibandingkan mencetak gol.

Posisi Bermain

Keistimewaan selanjutnya yang dimiliki Tijani Belaid adalah kemampuannya untuk bermain di berbagai posisi yang ada di lapangan, mulai dari lapangan tengah, pemain belakang, penyerang, kecuali menjadi penjaga gawang.

Sepanjang karier, Tijani Belaid tercatat memang lebih sering dimainkan sebagai playmaker. Tetapi dirinya juga bisa dimainkan sebagai sayap kanan maupun kiri, gelandang tengah dan bertahan. Pemain belakang sebagai bek tengah. Dan di depan sebagai second striker, maupun winger kanan dan kiri.

Dengan kemampuan bermain di banyak posisi tersebut, keberadaan Tijani Belaid jelas merupakan sesuatu yang menguntungkan buat Persija Jakarta untuk mengarungi panjangnya kompetisi Liga 1 2020. Eks Inter Milan itu bisa menjadi solusi saat di antara pemain utama mereka absen karena berbagai alasan.

Mental Juara

Dengan kondisi Persija Jakarta saat ini yang menargetkan gelar juara, keberadaan Tijani Belaid bisa menjadi pertimbangan. Sebab sepanjang kariernya, Tijani Belaid  terbukti merupakan pemain yang bermental juara.

Setidaknya bisa dilihat dari keberhasilannya, meraih gelar di sejumlah klub. Mulai dari dua kali juara Liga Ceko bersama Slavia Praha, serta gelar juara Liga 2014/15 dan Piala Tunisia bersama Club Africain Tunis di musim 2017/18.

Dengan mental juara tersebut, jelas menjadi jebolan Inter Milan Tijani Belaid akan sangat layak berseragam Persija Jakarta di Liga 1 2020.