Bola Internasional

Efek Corona, Asia Absen Gelar International Champions Cup Tahun Ini

Selasa, 3 Maret 2020 15:46 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© mediasportif.fr
Gelaran turnamen pramusin International Champions Cup resmi absen dari benua Asia tahun ini lantaran merebaknya virus Corona. Copyright: © mediasportif.fr
Gelaran turnamen pramusin International Champions Cup resmi absen dari benua Asia tahun ini lantaran merebaknya virus Corona.

INDOSPORT.COM - Gelaran turnamen pramusin International Champions Cup resmi absen dari benua Asia tahun ini. Merebaknya virus corona yang penyebarannya berawal dari China menjadi penyebab pembatalan ajang yang mempertemukan tim-tim atas Eropa ini.

Asia sendiri menjadi benua dengan jumlah infeksi terbesar hingga saat ini. Sejumlah negara Asia seperti China, Jepang, Korea Selatan, hingga yang terbaru Indonesia telah terinfeksi oleh virus ini.

“Kesehatan dan keamanan para suporter, pemain, staf klub, dan para pihak lain merupakan prioritas terpenting kami,” ujar juru bicara promotor ICC, Relevant Sport.

Meski demikian, Relevant Sport masih membuka kemungkinan menggelar pertandingan di Asia di masa mendatang.

“Asia masih menjadi komponen penting dalam strategi pengembangan global kami, dan kami tidak sabar lagi untuk menggelar pertandingan di pasar Asia dalam waktu dekat,” tambah sang juru bicara.

Meskipun Asia dipastikan batal menggelar ICC pada tahun ini, tapi negara-negara non-Asia seperti America Serikat akan tetap menggelar ajang ini.

Jadwal ICC untuk tahun ini sebenarnya masih belum dirilis. Namun besar kemungkinan akan ada perubahan format kompetisi mengingat pada musim panas nanti juga dijelar Copa America dan Euro 2020. Kedua event tersebut akan digelar bersamaan pada tanggal 12 Juni hingga 12 Juli 2020.

Tahun lalu, ICC digelar di enam negara yang tersebar di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia. China dan Singapura menjadi perwakilan Asia sebagai tuan rumah.

Sejumlah klub papan atas Asia sempat berlaga di kedua negara tersebut, di antaranya Juventus, Inter Milan, hingga Manchester United.

Pembatalan ICC di Asia ini menjadi efek terbaru virus corona bagi dunia olahraga, khususnya sepak bola. Di Liga Italia, sejumlah pertandingan sudah dipastikan akan mengalami penundaan, salah satunya Derby d’Italia. Laga yang mempertemukan Juventus dan Inter Milan itu sedianya digelar Senin (02/03/20) lalu, tapi resmi digeser ke 13 Mei nanti.