Liga Europa

Mengenal Lebih Dekat Stadion Final Liga Europa Musim 2019/2020, Markas Klub Egy Maulana Vikri

Selasa, 3 Maret 2020 19:54 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Mateusz Slodkowski/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Egy Maulana Vikri saat tampil bersama Lechia Gdansk di Stadion Energa Gdańsk. Copyright: © Mateusz Slodkowski/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Egy Maulana Vikri saat tampil bersama Lechia Gdansk di Stadion Energa Gdańsk.

INDOSPORT.COMLiga Europa telah memasuki babak 16 besar dan Gdansk sebagai tuan rumah laga final telah bersiap-siap menyambut kedatangan dua klub yang akan menjadi finalis di Liga Europa musim ini.

Final Liga Europa 2019/20 ini akan digelar di Energa Gdansk Stadium, Polandia. Stadion yang mendapatkan bintang 4 dari UEFA tersebut dapat menampung lebih dari 40 ribu penonton dan saat ini menjadi kandang dari Lechia Gdansk yang diperkuat pemain asal Indonesia, Lechia Gdansk.

Gdansk Stadium juga pernah menjadi tuan rumah bagi 3 laga Euro 2012 Grup C dan satu laga perempatfinal. Dibangun pada tahun 2008 khusus untuk gelaran Euro 2012, stadion ketiga termegah di bumi Polandia ini baru diresmikan 3 tahun setelahnya.

Mempunyai desain yang lumayan unik, eksterior Gdansk Stadium merepresentasikan Amber atau resin pohon yang berharga sangat mahal dan telah lama menjadi komoditas di daerah sana.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stadion Energa Gdańsk (@stadionenerga) on

Stadion ini cukup unik, pasalnya Gdansk Stadium menjadi satu-satunya stadion di Polandia atau bahkan di dunia yang menjadikan pisang sebagai barang terlarang. Keputusan tersebut diambil untuk mengantisipasi tindakan rasis yang dilakukan oleh suporter.

Dikutip dari laman resmi UEFA, sebelumnya, Polandia sudah pernah menjadi tuan rumah laga final Liga Europa pada musim 2014/15. Saat itu National Stadium yang berada di Warsawa menjadi saksi ketangguhan dalam Sevilla mempertahankan gelar juara Liga Europa milik mereka.

Musim ini, Sevilla memiliki kans untuk bisa kembali tampil di Polandia dan meraih trofi Liga Europa mereka yang keenam sepanjang sejarah. Selain Sevilla, Inter Milan dan Manchester United juga menjadi kandidat terkuat untuk meraih gelar juara Liga Europa musim ini.