Liga Indonesia

Semakin Menggila Bersama PSM Makassar, Ferdinand Sinaga Layak Jadi Pilihan Utama di Timnas

Selasa, 3 Maret 2020 20:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mencetak satu gol ketika PSM Makassar menang 2-1 atas PSS Sleman di pekan pertama Liga 1, Ferdinand Sinaga semakin membuktikan layak untuk Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mencetak satu gol ketika PSM Makassar menang 2-1 atas PSS Sleman di pekan pertama Liga 1, Ferdinand Sinaga semakin membuktikan layak untuk Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Mencetak satu gol ketika PSM Makassar menang 2-1 atas PSS Sleman di pekan pertama Liga 1 2020, Ferdinand Sinaga semakin membuktikan kualitasnnya layak untuk Timnas Indonesia.

Turun sejak menit awak saat PSM Makassar menjamu PSS Sleman di pekan pertama Liga 1 2020, Ferdinand Sinaga sukses mencetak satu gol di menit ke-39.

Gol yang sangat penting untuk kemenangan 2-1 tim asal Sulawesi Selatan itu, secara langsung juga menunjukan betapa kualitas Ferdinand Sinaga masih sangat penting. Bukan hanya buat PSM Makassar.

Bagaimana tidak. Termasuk satu gol ke gawang PSS Sleman, artinya Ferdinand Sinaga selalu bisa mencetak gol di lima pertandingan resmi yang telah dimainkan PSM Makassar musim ini. Di Piala AFC dan Liga 1.

Dalam lima ertandingan itu, total tujuh gol dicetak Ferdinand Sianaga. Masing-masing satu gol di pertandingannya, kecuali ketika dirinya bisa menorehkan hattrick ke gawang Lalenok United.

Layak ke Timnas Indonesia

Dengan catatan tersebut, perna penting Ferdinand Sianga untuk PSM Makassar jelas tak bisa ditampik lagi. Namun lebih dari itu, dengan selalu mencetak gol di lima pertandingan, membuat pemain 31 tahun itu rasannya sudah layak untuk kembali dipercaya berseragam Timnas Indonesia.

Sebab jika dibandingkan dengan catatan lima pemain Timnas Indonesia yang sebelumnya sempat dipanggil pelatih Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan. Tak ada satupun yang bisa menyamai, bahkan sekadar bersaing dengannya sejauh ini.

Ilija Spasojevic misalnya. Sudah menjalanilim apertandingan resmi bersama Bali United di kualifikasi Liga Champions, Piala AFC hingga Liga 1, pemain naturalisasi itu baru hanya bisa menorehkan dua gol. Satu ke gawang Than Quang Ninh dan satu ke Svay Rieng di Piala AFC.

Bahkan pemain lainnya yang selevel dengan Ferdinand Sianaga dan telah dipanggil Timnas Indonesia, Lerby Eliandri belum satupun mencetak gol bersama Bali United.

Terlalu dini memang mengambil kesimpulan dari data yang hanya beberapa pertandingan di awal musim ini. Namun yang jelas, dengan torehan tujuh golnya sejauh ini bersama PSM Makassar. Sudah saatnya pelatih Timnas Shin Tae-yong untuk mempertimbangkan Ferdinand Sianaga masuk ke dalam skuatnya di Timnas Indonesia.