Bola Internasional

Akibat Virus Corona, FIFA Tunda Beberapa Laga Internasional Timnas Indonesia

Rabu, 4 Maret 2020 22:25 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Akibat penyebaran wabah virus corona, FIFA akhirnya terpaksa menunda laga-laga internasional Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Akibat penyebaran wabah virus corona, FIFA akhirnya terpaksa menunda laga-laga internasional Timnas Indonesia.

INDOSPORT. COM - Akibat penyebaran wabah virus corona, FIFA akhirnya terpaksa menunda laga-laga internasional Timnas Indonesia.

Penundaan dari FIFA ini disampaikan melalui Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri. Berdasarkan keterangan Cucu, ada beberapa laga internasional Timnas Indonesia yang awalnya dijadwalkan pada bulan Maret dan Juni, akan diundur hingga Oktober mendatang.

"Ada perubahan jadwal. Ini FIFA Match Day di kita ada pengunduran, tadinya antara Maret dan Juni, diundur menjadi Oktober," ujar Cucu seperti dikutip dari Antara.

Cucu juga menekankan, segala penundaan jadwal merupakan mandat langsung dari otoritas FIFA. Penundaan juga membuat rencana PSSI yang ingin menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia 16 Maret nanti, dipastikan batal terlaksana.

"Iya betul ditunda dari FIFA, (laga ditunda hingga) Oktober pelaksanaannya, ucap Cucu.

Menurut kalender resmi FIFA, Timnas Indonesia setidaknya bakal melakoni tiga laga internasional di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada 26 Maret, Skuat Garuda dijadwalkan bertandang lawan Thailand, dan lima hari setelahnya bersua Uni Emirat Arab di Jakarta.

Sementara pada bulan Juni, ada satu laga sisa kontra Vietnam yang mana Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tim tamu. Namun demi mengantisipasi bahaya virus corona, kesemua laga tersebut diundur.

Timnas Indonesia sendiri dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia, memang sudah kecil kemungkinan lolos. Memainkan empat laga, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan dan harus puas bercokol sebagai juru kunci.