Liga Indonesia

Banyak Bintang Muda Indonesia Dilirik Klub Eropa, Ini Pesan Ponaryo Astaman

Rabu, 4 Maret 2020 11:45 WIB
Penulis: Ade Gusti, Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan saran kepada klub Liga Indonesia yang beberapa pemainnya sedang dilirik oleh klub-klub di Eropa. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan saran kepada klub Liga Indonesia yang beberapa pemainnya sedang dilirik oleh klub-klub di Eropa.

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, memberikan saran kepada klub Liga Indonesia yang beberapa pemainnya sedang dilirik oleh klub-klub Eropa.

Program Garuda Select memang membawa berkah bagi para pemain sepak bola muda Tanah Air. Selain menimba ilmu mengolah si kulit bundar, mereka berpeluang mengembangkan karier di luar negeri.

Beberapa jebolan Garuda Select, seperti Brylian Aldama dan Bagus Kahfi, kabarnya bahkan sudah diminati oleh sejumlah klub Eropa.

Kabar baik bagi karier kedua pemain, namun tidak bagi klub asal keduanya. Misalnya saja, Bagus Kahfi yang masih terikat kontrak dengan Barito Putera hingga 2021 mendatang.

Minat klub Eropa terhadap bintang muda Indonesia pun tak luput dari perhatian Ponaryo Astaman. Beliau berpesan agar pihak pemain dan klub bisa menemukan solusi yang tidak merugikan satu sama lain.

“Banyak solusi yang bisa dicapai dengan mengikuti regulasi yang ada,” kata Ponaryo kepada redaksi media olahraga INDOSPORT beberapa waktu lalu.

“(Perlu dilakukan) secara profesional tentunya, sehingga pihak klub tak dirugikan, dan si pemain berkesempatan untuk menimba ilmu dan mengembangkan karier di Eropa,” cetus Ponaryo Astaman.

Sejauh ini, baru Brylian Aldama yang mulai melangkahkan kaki untuk berkarier di Eropa. Kapten timnas U-18 itu baru-baru ini menandatangani kontrak untuk bergabung dengan agensi terpercaya FIFA, yakni Forza Sports Group.