Liga Indonesia

Corona Sebabkan Laga Timnas Indonesia Batal, Jadwal Liga 1 2020 Aman?

Rabu, 4 Maret 2020 23:19 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ditundanya beberapa laga internasional Timnas Indonesia, berpeluang membuat kelangsungan jadwal pertandingan Liga 1 2020 lebih aman. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ditundanya beberapa laga internasional Timnas Indonesia, berpeluang membuat kelangsungan jadwal pertandingan Liga 1 2020 lebih aman.

INDOSPORT. COM - Ditundanya beberapa laga internasional Timnas Indonesia, berpeluang membuat kelangsungan jadwal pertandingan Liga 1 2020 lebih aman.

FIFA memang telah memastikan akan menunda sejumlah pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020 yang diikuti Timnas Indonesia. Laga internasional yang harusnya dimainkan sekitar bulan Maret dan Juni, bakal ditunda hingga Oktober mendatang.

"Ada perubahan jadwal. Ini FIFA Match Day di kita ada pengunduran, tadinya antara Maret dan Juni, diundur menjadi Oktober," ujar Cucu seperti dikutip dari Antara.

Timnas Indonesia setidaknya bakal melakoni tiga laga internasional Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada 26 Maret, Skuat Garuda dijadwalkan bertandang lawan Thailand, dan lima hari setelahnya bersua Uni Emirat Arab di Jakarta.

Sementara pada bulan Juni, ada satu laga sisa kontra Vietnam yang mana Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tim tamu. Namun demi mengantisipasi bahaya virus corona, kesemua laga tersebut diundur.

Segala penundaan laga Timnas Indonesia, sepertinya memberikan hikmah tersendiri bagi perhelatan kompetisi Liga 1 2020. PSSI kini jadi lebih memiliki ruang untuk membuat jadwal pertandingan Liga 1 2020 berlangsung lebih lancar.

Berdasarkan laporan Antara, Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, telah menyusun rencana khusus menyusul penundaan laga-laga internasional Timnas Indonesia. Cucu akan memerintahkan pihak PT LIB untuk mengatur ulang laga Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya yang mengalami penundaan.

Sebelumnya, PT LIB lebih dulu menunda laga Persija vs Persebaya yang awalnya dijadwalkan digelar pada Sabtu (07/03/20) mendatang. PT LIB sengaja menunda laga juga demi mengantisipasi bahaya virus corona.

Selain soal laga Persija vs Persebaya, Cucu turut memaparkan soal sistem pemanggilan pemain-pemain Timnas Indonesia. Penundaan laga internasional di bulan Maret dan Juni, berpeluang besar membuat PSSI lebih mempunyai skema pemanggilan yang tidak akan mengganggu jadwal pertandingan Liga 1 2020.

"Nah, nantikan ada waktu kosong, waktu kosong itu akan kita tarik. Sehingga saat Oktober kita punya waktu luang untuk memanggil Timnas Indonesia sehingga tidak mengganggu jadwal Liga 1," ungkap Cucu.

Begitulah penjabaran singkat soal dampak penundaan laga-laga internasional Timnas Indonesia, terhadap kelangsungan Liga 1 2020. Semoga bahaya virus corona cepat mereda, dan kehidupan masyarakat dunia, termasuk sepak bola, bisa kembali berjalan seperti biasa.