Liga Indonesia

Profil Klub Liga 2 2020: Sriwijaya FC, Kangen Berat Atmosfer Liga 1

Rabu, 4 Maret 2020 20:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Tim Sriwijaya FC untuk Liga 2. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Profil Tim Sriwijaya FC untuk Liga 2.

INDOSPORT.COM - Memasuki Maret, kick-off Liga 2 2020 semakin dekat. Sebanyak 24 peserta ramai-ramai melakukan persiapan selama ini demi mengejar mimpi meraih tiket promosi ke Liga 1 musim depan, termasuk Sriwijaya FC.

Siapa tak kenal Sriwijaya FC, pemilik dua trofi juara Liga Indonesia era Divisi Utama (2007/08) dan Liga Super Indonesia (2011/12). Klub kebanggaan warga Sumatra Selatan ini seolah sedang diasingkan dari habitat aslinya.

Rutin mewarnai kasta tertinggi sepak bola Indonesia sejak mengambil alih lisensi Persijatim pada 2004 silam, Sriwijaya FC harus menerima kenyataan turun kasta di akhir Liga 1 2018 lantaran menduduki posisi ke-17 klasemen.

Sriwijaya FC terdegradasi bersama dua tim lain, yakni PSMS Medan dan Mitra Kukar. Mereka semua bahkan hingga kini masih senasib, artinya sama-sama masih berkutat di Liga 2 tanpa berhasil promosi ke Liga 1 musim lalu.

Nasib Sriwijaya FC musim lalu tergolong cukup tragis. Dijagokan maju ke Liga 1 2020 menemani Persik Kediri dan Persita Tangerang, mereka malah keok 0-1 dari sesama wakil Sumatra, Persiraja Banda Aceh, dalam laga perebutan peringkat ketiga Liga 2 2019.

Kini, Sriwijaya FC tak ingin gagal lagi. Langkah perubahan dilakukan manajemen, termasuk merombak total skuat musim lalu dan mendatangkan pelatih baru.

Budiardjo Thalib, yang mengantarkan Persik Kediri menjuarai Liga 2 2020, ditunjuk menggantikan Kas Hartadi. Dia diharapkan bisa kembali membawa hoki dan meloloskan tim ke Liga 1 2021, entah dengan status juara, runner-up, atau sekadar peringkat ketiga.

Soal materi pemain, manajemen Sriwijaya FC membuat kebijakan ekstrem dengan hanya mempertahankan satu pemain dari skuat musim lalu. Siapa lagi kalau bukan Ambrizal yang belakangan ditunjuk sebagai kapten tim.

"Budiardjo Thalib punya komitmen terhadap SFC dan menerapkan sepak bola modern. Kami menaruh harapan besar kepadanya. Semoga dia bisa membentuk tim yang solid, punya kekuatan, dan semangat juang untuk membawa tim ini kembali ke Liga 1," kata manajer Hendri Zainuddin.

Skuat baru Sriwijaya FC tercatat sudah melakoni beberapa kali laga uji coba, termasuk melawan klub-klub Liga 1 seperti PSIS Semarang dan Persipura Jayapura.

Sesuatu yang dianggap Budiarjo perlu mendapatkan perhatian adalah penampilan pemain saat mendapatkan tekanan lawan. Mereka harus bisa lebih tenang lagi. Pertahanan juga harus disiplin dan berkonsentrasi penuh sepanjang pertandingan.

"Evaluasi tetap ada, kami ingin pemain tidak panik saat mendapatkan tekanan. Tinggal sedikit lagi, semua sudah bermain cukup baik," ujar Budiardjo Thalib beberapa waktu lalu. 

Berdasarkan draft jadwal yang disusun oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Sriwijaya FC akan menjalani laga pembuka Liga 2 2020 kontra PSIM Yogyakarta di Stadion Jakabaring, Minggu (15/3/20).

Skuat Sriwijaya FC untuk Liga 2 2020 (per 4 Maret 2020):

Kiper: Imam Arief Fadillah, Rudi Nurdin Rajak, Haris Rotinsullu 

Bek: Obet Choiri, Ambrizal, Marcel, Tedi Berlian, Fathur Ari, Deri Herlangga, Dany Arwin

Gelandang: Dedi Irwandi, Suandi, Rifaldi, Hari Habrian, Dwi Andika Cakra Yudha, Agi Pratama, Alvin, Firman Septian, Rahel Radiansyah, Imam Bagus Kurnia

Penyerang: Ian Sandrian, Mario Alberto Aibekop, Muhammad Irman, Rudiyana.

IDS Emoticon Suka
Suka
75%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%