In-depth

Derby County vs Manchester United: Wayne Rooney Dibayangi Catatan Buruk

Kamis, 5 Maret 2020 12:04 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Derby County akan berhadapan dengan Manchester United di pertandingan babak kelima Piala FA 2019/20, Jumat (06/03/20) dini hari WIB, di mana Wayne Rooney dibayangi catatan buruk. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Derby County akan berhadapan dengan Manchester United di pertandingan babak kelima Piala FA 2019/20, Jumat (06/03/20) dini hari WIB, di mana Wayne Rooney dibayangi catatan buruk.

INDOSPORT.COM – Derby County akan berhadapan dengan Manchester United di pertandingan babak kelima Piala FA 2019/20, Jumat (06/03/20) dini hari WIB, di mana Wayne Rooney dibayangi catatan buruk.

Derby County sendiri berhasil melangkah hingga babak kelima Piala FA setelah berhasil menumbangkan Northampton Town (4-2) dan klub kasta pertama Liga Inggris Crystal Palace (1-0).

Ujian berat pun datang ketika mereka harus berhadapan dengan klub legendaris Liga Inggris, yakni Manchester United. Meski Setan Merah sedang tidak dalam performa terbaiknya, namun bukan hal mudah bagi Derby County.

Pada laga nanti malam, klub yang memiliki julukan The Rams tersebut kemungkinan besar bakal menaruh harapan tinggi kepada mantan Manchester United, yakni Wayne Rooney.

Sebagai salah satu pemain bintang Manchester United di masanya, Rooney bisa saja menjadi senjata bagi Derby County untuk menghancurkan mantan klubnya.

Apalagi Rooney juga memiliki modal yang bagus di ajang Piala FA 2019/20 setelah berhasil mencetak satu gol di laga terakhirnya melawan Northampton Town.

Bukan tidak mungkin jika mantan penyerang Timnas Inggris tersebut kembali melanjutkan tren mencetak gol di pertandingan babak kelima Piala FA melawan Manchester United nanti.

Meski usianya sudah tidak terbilang muda, Rooney sendiri masih mampu memberikan kontribusi nyata bagi Derby County. Dirinya mampu mengoleksi empat gol dan dua assist dari 14 laga.

Akan tetapi, Rooney sendiri kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk memberikan kontribusinya ketika berhadapan dengan Manchester United.

Itu bisa dilihat ketika dirinya berhadapan dengan Manchester United di Liga Inggris. Sekedar informasi, Rooney sudah enam kali menghadapi Setan Merah sepanjang kariernya.

Namun dari enam pertemuan tersebut, Rooney tak mampu berbuat banyak. Itu terjadi ketika dirinya masih memperkuat Everton atau saat kembali ke Goodison Park.

Debut pertamanya melawan Manchester United terhadi di Liga Inggris musim 2002/03, di mana Everton menyerah dengan skor telak 0-3. Saat itu Rooney bermain sebagai pemain pengganti.

Masih pada musim yang sama, Rooney kembali dipercaya masuk skuat utama meski usianya masih sangat belia. Namun Rooney kembali gagal menyumbang gol atau assists dalam kekalahan 1-2 Everton.

Pada musim berikutnya, Rooney memainkan pertandingan sejak awal. Namun lagi-lagi ia tidak mampu meraih memberikan kontribusi nyata dan dipaksa menyerah 2-3.

Begitu juga pada pertemuan kedua di Liga Inggris 2003/04, di mana Rooney kembali menjadi saksi kekalahan Everton dari Manchester United dengan skor tipis 3-4.

© Everton FC
Wayne Rooney saat bermain untuk Everton. Copyright: Everton FCWayne Rooney saat bermain untuk Everton.

Masih berstatus sebagai pemain muda, hal itu bisa dikatakan sangat wajar bagi Rooney untuk menghancurkan lini pertahanan Manchester United.

Apalagi, Manchester United saat itu masih diperkuat pemain bintang seperti Ruud van Nistlerooy, Paul Scholes, Ryan Giggs, Cristiano Ronaldo, David Beckham, Rio Ferdinand hingga Laurent Blanc.

Rooney juga tak mampu berbicara banyak ketika kembali ke Everton pada 2017/18 lalu. Ia juga masih belum bisa mengemas gol dan assist ketika berhadapan dengan Manchester United.

Di pertemuan pertamanya dengan Manchester United, sejak kembali ke Everton, Rooney dan kawan-kawan dipaksa menyerah 0-4. Rooney juga tak mampu mencetak gol saat Everton tumbang 0-2 di laga kedua Liga Inggris 2017/18.

Dengan pengalamannya berhadapan dengan Manchester United, Rooney tentunya cukup sulit untuk berkontribusi nyata. Meski begitu bukan berarti Rooney tak bisa berbuat banyak di laga malam nanti.

Apakah Rooney kembali melanjutkan catatan buruknya saat berhadapan dengan Manchester United malam nanti? Atau justru ia menghancurkan catatan tersebut? Patut dinantikan.