Liga Indonesia

Beri Kode Pamit, Yanto Basna Diminta Gabung Persija Jakarta

Jumat, 6 Maret 2020 09:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Prachuap FC
Beri kode pamit, Yanto Basna diminta gabung Persija Jakarta Copyright: © Prachuap FC
Beri kode pamit, Yanto Basna diminta gabung Persija Jakarta

INDOSPORT.COM – Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna baru-baru ini memberikan kode pamit melalui akun media sosial pribadinya. Ia pun diminta gabung ke klub Liga 1 Persija Jakarta.

Kode pamit ini kemungkinan besar ditujukan kepada klub yang ia bela di Liga Thailand, PT Prachuap FC. Akan tetapi, sejauh ini belum diketahui maksud dari unggahan tersebut.

Yanto Basna melakukan tangkapan layar dari akun Instagram @hairnerdsstudio, yang mana unggahannya secara garis besar meminta pamit dari bisnis yang ia jalani.

© Instagram
Yanto Basna melakukan tangkapan layar dari akun Instagram @hairnerdsstudio, yang mana unggahannya secara garis besar meminta pamit dari bisnis yang ia jalani. Copyright: InstagramYanto Basna melakukan tangkapan layar dari akun Instagram @hairnerdsstudio, yang mana unggahannya secara garis besar meminta pamit dari bisnis yang ia jalani.

Situasi ini bisa saja meramaikan pergosipan transfer di Liga 1. Apalagi, saat bursa transfer Liga 1 2020 belum ditutup. Artinya masih ada peluang bagi Yanto Basna untuk kembali ke Indonesia.

Bek berusia 24 tahun tersebut pun diminta untuk bergabung ke Persija. Permintaan itu muncul dari sejumlah netizen, yang membanjiri kolom komentar Instragram sang pemain.

Dari beberapa postingan terakhir Yanto Basna, sejumlah suporter Persija pun meminta agar mantan bek Persib Bandung tersebut datang ke Jakarta.

Bahkan akun bernama @fajri_rastaman27, langsung meminta kepada petinggi Persija Jakarta, Ferry Paulus untuk mengangkut Yanto Basna dalam waktu dekat ini.

Yanto Basna sendiri menjadi salah satu pemain kelahiran Indonesia yang konsisten bermain di Thailand. Terhitung, ia sudah terjun ke persepakbolaan Thailand sejak 2018 lalu.

Bek yang pernah berseragam Sriwijaya FC tersebut juga dipercaya untuk mengisi posisi penting di Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal ini sudah cukup menjelaskan bahwa kualitas Yanto Basna tidak perlu lagi diragukan. Jika memang dirinya benar-benar pamit dan akan kembali ke Indonesia, maka tim berlabel juara layak ia sambangi.

Persija Jakarta Krisis Bek Tengah?

© Twitter/@AremafcOfficial
Kushedya Hari Yudo (kiri) berduel dengan Otavio Dutra (kanan) dalam laga Arema FC vs Persija Jakarta di Piala Gubernur Jatim 2020, Sabtu (15/02/20). Copyright: Twitter/@AremafcOfficialKushedya Hari Yudo (kiri) berduel dengan Otavio Dutra (kanan) dalam laga Arema FC vs Persija Jakarta di Piala Gubernur Jatim 2020, Sabtu (15/02/20).

Persija Jakarta sendiri hanya memiliki tiga bek tengah di kompetisi Liga 1 2020, yakni Otavio Dutra, Maman Abdurrahman dan Ryuji Utomo.

Namun tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut juga bisa memanfaatkan fleksibilitas yang dimiliki Tony Sucipto untuk bermain di lini tengah pertahanan.

Akan tetapi, Persija masih belum bisa memainkan bek anyarnya, Otavio Dutra, pada pertandingan pembuka Liga 1 2020 akibat cedera.

Seperti yang diketahui, Dutra mengalami cedera pada pertandingan Persija vs Madura United di babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 kemarin.

Situasi ini akhirnya membuat pelatih Sergio Farias hanya bisa berharap kepada pemain yang berposisi asli sebagai bek tengah, yakni Maman dan Ryuji Utomo.

Atas dasar itulah, fans Persija menginginkan sosok Yanto Basna untuk melengkapi posisi bek tengah di Liga 1 2020. Karena bukan ide baik jika hanya memiliki tiga bek tengah untuk menjalani sebuah kompetisi.

Akan tetapi, kedatangan Yanto Basna tentunya akan membuat beberapa bek Persija harus tersingkir dari tempat utamanya, sebut saja Maman dan Ryuji Utomo.

Apabila Dutra pulih dan Yanto Basna datang, maka kemungkinan besar Persija akan menggantungkan harapannya di lini belakang kepada dua pemain Timnas Indonesia tersebut pada Liga 1 2020.