Liga Indonesia

Bukan Persija, Ini 3 Klub Liga 1 yang Harusnya Rekrut Yanto Basna

Jumat, 6 Maret 2020 10:20 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
3 klub Liga 1 2020 yang harusnya mendatangkan Yanto Basna pada bursa transfer musim ini. Copyright: © INDOSPORT
3 klub Liga 1 2020 yang harusnya mendatangkan Yanto Basna pada bursa transfer musim ini.

INDOSPORT.COMYanto Basna baru-baru ini diminta untuk bergabung ke Persija Jakarta pada bursa transfer Liga 1 2020, setelah dirinya memberikan kode pamit.

Kode pamit tersebut diunggah melalui akun media sosial pribadi sang pemain, dan kemungkinan besar ditujukan kepada klub Liga Thailand, PT Prachuap FC.

Melihat situasi tersebut, sejumlah suporter Persija pun langsung meminta Yanto Basna untuk datang ke Jakarta dalam waktu dekat ini.

Apalagi Persija saat ini masih belum belum bisa memainkan Otavio Dutra, yang mengalami cedera saat menghadapi Madura United di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020.

Meski begitu, Persija masih memiliki tiga pemain yang bisa diturunkan sebagai bek tengah. Pemain tersebut adalah Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo dan Tony Sucipto.

Maka terbilang mubazir jika Persija benar-benar membajak Yanto Basna pada bursa transfer Liga 1 2020 ini. Selain menghabiskan dana, mereka juga harus menyisihkan Maman, Ryuji atau bahkan Dutra dari tim inti.

Jika melihat pekan pertama, INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 klub Liga 1 2020 yang mungkin lebih pantas mendatangkan bek baru pada bursa transfer musim ini. Berikut ulasannya.

Barito Putera

© INDOSPORT
Logo Barito Putera Copyright: INDOSPORTLogo Barito Putera.

Barito Putera menjadi tim yang mungkin paling membutuhkan Yanto Basna. Itu terlihat ketika mereka dibantai habis Madura United pada pekan perdana Liga 1 2020.

Bermain di markas lawan, Barito Putera dipaksa menyerah 0-4. Ini menjadi masalah besar di lini pertahanan Laskar Antasari.

Mengandalkan Cassio dan O.K. John nampaknya tak membuat pertahanan Barito Putera menjadi kuat. Yanto Basna sendiri bisa menjadi solusi, tanpa harus mengurangi slot pemain asing di kubu Barito Putera.

Persela Lamongan

© INDOSPORT
Logo Persela Lamongan. Copyright: INDOSPORTLogo Persela Lamongan.

Persela Lamongan sendiri memang sudah cukup banyak memiliki pemain bertahan yang mengisi posisi sebagai bek tengah. Namun hasil yang mereka terima di laga perdana Liga 1 2020, membuat Persela memperbaiki masalah di lini belakang.

Bermain dengan menggunakan lima bek, Persela justru kebobolan tiga kali dan tumbang 0-3 ketika bertandang ke markas Persib Bandung.

Hadirnya Yanto Basna kemungkinan bisa menyempurnakan duetnya dengan Jasmin Mecinovic. Ia juga bisa disandingkan dengan Mochammad Zaenuri atau Roni Fatahillah.

Borneo FC

© nexgen.ge/wikipedia
Logo Borneo FC. Copyright: nexgen.ge/wikipediaLogo Borneo FC.

Borneo FC juga menjadi salah satu tim yang paling banyak kebobolan di pekan pertama Liga 1 2020, setelah tumbang 2-3 di tangan Persija Jakarta.

Kebobolan tiga gol dalam satu pertandingan seharusnya menjadi alarm bagi sebuah klub. Mungkin Yanto Basna bisa menjadi solusi terbaik bagi Borneo FC untuk mengatasi masalah ini.

Mantan bek Persib Bandung tersebut tentunya memiliki kualitas yang lebih apik ketimbang bek lokal milik Borneo, yakni Wildansyah, Andri Muliadi, Wiranto, dan Andika Kurniawan.