Liga Spanyol

Resmi, Derby Basque di Final Copa del Rey

Jumat, 6 Maret 2020 14:08 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Untuk kali pertama setelah sekian lama, laga final Copa del Rey akhirnya mempertemukan dua klub besar asal Basque. Copyright: © Getty Images
Untuk kali pertama setelah sekian lama, laga final Copa del Rey akhirnya mempertemukan dua klub besar asal Basque.

INDOSPORT.COM – Untuk kali pertama setelah sekian lama, laga final Copa del Rey akhirnya mempertemukan dua klub besar asal Basque.

Laga final yang akan mempertemukan Athletic Bilbao dan Real Sociedad dalam pertandingan bertajuk Derby Basque tersebut akan menjadi penentu siapa yang berhak menjadi kampiun Copa del Rey musim 2019/20 ini.

Sociedad berhasil mengamankankan satu tiket ke final setelah mereka berhasil memumpus mimpi kuda hitam Copa del Rey musim ini, Mirandes dengan skor agregat 3-1.

Dilansir dari Sports Illustrated, Bibao berhasil mengamankan satu tempat di final setelah mereka unggul jumlah gol tandang meskipun pada pertandingan dini hari tadi mereka harus takluk 2-1 atas Granada. Gol dramatis dari Yuri Berchiche di menit ke-81 berhasil membuat Derby Basque di final Copa del Rey musim ini benar-benar terwujud.

Ini adalah final keempat bagi Bilbao dalam waktu 12 tahun terakhir. Dan ini akan menjadi kali pertama sejak terakhir kalinya Derby Basque yang mempertemukan Real Union vs Arenas dilangsungkan di final Copa del Rey pada tahun 1927 yang lalu.

Baik Bilbao maupun Sociedad sama-sama belum pernah lagi menjadi kampiun selama lebih dari 30 tahun. Titel Copa del Rey terakhir Bilbao mereka raih pada tahun 1984. Sedangkan Sociedad terakhir kali meraih Copa del Rey pada tahun 1987.

Bilbao adalah klub tersukses kedua di ajang Copa del rey. Mereka berhasil mengoleksi 23 trofi, lebih sedikit dari Barcelona dengan raihan 30 trofi. Dalam 3 kali laga final terakhir yang mereka mainkan pada tahun 2009, 2012, dan 2015, Iker Muniain dkk harus takluk atas klub asal Catalan tersebut.