Liga Inggris

Melihat Rekor Pertandingan Liverpool Jika Alisson Becker Absen, Untung atau Buntung?

Sabtu, 7 Maret 2020 07:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Coro Mountana
© eurosport.com
Rekor pertandingan klub Liga Inggris, Liverpool, jika Alisson Becker absen, sepertinya bisa mengarah kepada dua hal, untung atau buntung. Copyright: © eurosport.com
Rekor pertandingan klub Liga Inggris, Liverpool, jika Alisson Becker absen, sepertinya bisa mengarah kepada dua hal, untung atau buntung.

INDOSPORT. COM - Rekor pertandingan klub Liga Inggris, Liverpool, jika Alisson Becker absen, sepertinya bisa mengarah kepada dua hal, untung atau buntung?

Liverpool baru-baru ini harus mendapati kenyataan pahit. Setelah menelan dua kekalahan beruntun di ajang Liga Inggris dan Piala FA, Liverpool kini juga wajib merelakan kiper andalannya, Alisson Becker.

Sosok Alisson secara resmi dinyatakan akan absen cukup lama menyusul cedera otot yang diterimanya. Bahkan, Alisson masih perlu menepi saat nanti Liverpool melakoni laga leg kedua 16 besar Liga Champions kontra Atletico Madrid.

Secara gambaran singkat, cederanya Alisson jelas kehilangan besar untuk Liverpool. Maklum saja, Alisson memangl berstatus kiper utama Liverpool, sejak didatangkan dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2018/19 lalu.

Pertanyaan selanjutnya, apakah Liverpool tetap bisa melaju mulus tanpa kehadiran seorang Alisson dalam beberapa pertandingan ke depan? Jawabannya mungkin kita bisa cari tahu dengan menengok sejarah ke belakang.

Mari melihat rekor pertandingan Liverpool jika Alisson sedang absen. Berdasarkan rangkuman data dari situs Transfermarkt, sejak pertama kali bergabung, ada 20 pertandingan Liverpool dari berbagai ajang yang mana mengharuskan Alisson absen.

Musim pertamanya, yakni 2018/19, Alisson absen di laga FA Cup kontra Wolverhampton dan juga Piala Liga Inggris melawan Chelsea. Hasilnya, dua laga tanpa Alisson itu kesemuanya berakhir dengan kekalahan.

Berlanjut ke musim 2019/20, Alisson sudah 18 kali absen dari skuat Liverpool. Lebih merinci, dari 18 laga tanpa Alisson dalam berbagai ajang, Liverpool terpaksa menelan tiga kekalahan.

Pada ajang Liga Champions, Liverpool yang tanpa memainkan Alisson menyerah 0-2 dari Napoli di laga pembuka Grup E.

Sementara dua kekalahan lainnya, didapatkan Liverpool ketika tak memainkan Alisson dalam laga Piala Liga Inggris melawan Aston Villa, 17 Desember 2019 lalu, dan juga saat melakoni pertandingan babak kelima Piala FA kontra Chelsea, beberapa hari kemarin.

Artinya, 20 laga yang dilalui Liverpool jika Alisson absen, ada lima yang berujung dengan kekalahan. Bila dikalkulasi secara presentase, ada peluang 25 persen atau seperempat Liverpool akan kalah setiap kali tampil tanpa Alisson.