Bola Internasional

Akibat Corona, UEFA Mulai Ikut-ikutan Aturan 'Nyeleneh' Liga Inggris

Minggu, 8 Maret 2020 19:00 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Badan tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, akan mengikuti aturan Liga Inggris akibat maraknya wabah virus corona. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Badan tertinggi sepak bola Eropa, UEFA, akan mengikuti aturan Liga Inggris akibat maraknya wabah virus corona.

INDOSPORT.COM - Seakan ingin mengikuti jejak Liga Inggris, UEFA selaku federasi sepak bola tertinggi Eropa akan mencanangkan aturan jabat tangan sebelum pertandingan akibat virus corona.

Dalam laman resminya, UEFA akan meniadakan prosesi jabat tangan sebelum pertandingan yang pada umumnya telah berlangsung sejak lama. Hal ini lantaran organisasi kesehatan dunia atau WHO telah menelurkan imbauan untuk mencegah potensi penyebaran virus corona.

Langkah ini sejatinya telah di ambil Liga Inggris. Hal ini terlihat pada pekan ke-29 di mana kedua kesebelasan tak lagi melakukan jabat tangan. UEFA pun akan mengadopsi cara yang sama untuk segala pertandingan.

Dengan keputusan ini, tentu laga-laga Liga Champions dan Liga Europa musim ini takkan lagi melakukan jabat tangan sebelum pertandingan sesuai arahan resmi dari UEFA.

Tentunya hal ini merupakan hal yang sia-sia. Menurut banyak pecinta sepak bola, meski pemain tak melakukan jabat tangan sebelum pertandingan, para pemain tetap melakukan kontak fisik dan berjabat tangan pasca laga selesai.

Terlepas dari hal tersebut, langkah ini diambil oleh UEFA dan Liga Inggris untuk meminimalisir penyebaran virus corona yang belakangan ini menyerang daratan Eropa.