Liga Indonesia

Baru Pekan Pertama, Liga 1 2020 Sudah Cetak Rekor

Minggu, 8 Maret 2020 17:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© getwallpapers.com/wikipedia
Kompetisi teratas di Indonesia atau yang kerap disebut Liga 1 2020 telah resmi bergulir. Copyright: © getwallpapers.com/wikipedia
Kompetisi teratas di Indonesia atau yang kerap disebut Liga 1 2020 telah resmi bergulir.

INDOSPORT.COM - Kompetisi teratas di Indonesia atau yang kerap disebut Liga 1 2020 telah resmi bergulir. Laga perdana sudah bergulir sejak 29 Februari lalu mempertemukan Persebaya Surabaya menjamu Persik Kediri.

Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo itu disaksikan sebanyak 50 ribu penonton. Tak hanya di laga Persebaya menjamu Persik Kediri yang dipadati penonton. Di laga lainnya sepanjang pekan pertama juga dipadati para penikmat sepak bola.

Total pekan pertama Liga 1 2020 menorehkan jumlah penonton terbanyak dari pekan-pekan yang lain dalam empat tahun terakhir sejak kompetisi musim 2017. Pada pekan pertama tersebut tercatat sebanyak 179.675 penonton hadir langsung menyaksikan pertandingan di stadion.

Sebut saja laga Persib Bandung kontra Persela Lamongan, Persija kontra Borneo FC dan Persiraja Banda Aceh menjamu Bhayangkara FC.

Meskipun berstatus tim promosi, antusiasme penonton laga kandang Persiraja Banda Aceh cukup tinggi. Saat bermarkas di Stadion Dimurthala musim lalu, laga kandang klub berjuluk Laskar Rencong selalu dipadati suporter.

Bahkan kala menjamu Bhayangkara FC pada pekan pertama kemarin, sebanyak 25 ribuan penonton hadir menyaksikan penampilan perdana Persiraja di kasta teratas musim ini melawan tim besutan Paul Munster di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Sementara itu pada tahun lalu musim 2019, pekan 8 menjadi pekan dengan penonton terbanyak disaksikan 143.219 orang, kemudian musim 2018 pada pekan 5 (151.091 penonton) dan musim 2017 pekan 34 (129.050 penonton).

"Sepak bola Indonesia masih menjadi kompetisi yang paling banyak ditonton oleh masyarakat Tanah Air. Apalagi klub-klub Indonesia juga memiliki suporter fanatik," ucap Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri.

Kini dengan rekor di pekan pertama ini, Cucu berharap antusias suporter terus terjaga sepanjang Liga 1 2020. Sebab masih banyak laga-laga menariknya di kompetisi tahun ini.

"Semoga rekor penonton terbanyak ini masih terjaga ke depannya hingga akhir kompetisi," tukas pria yang juga menjabat Wakil Ketua Umum PSSI.