Liga Indonesia

Bintang Liga 1 Pekan Ini: Fadil Sausu, Kapten Sejati yang Rendah Hati

Selasa, 10 Maret 2020 08:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kapten Bali United Fadil Sausu layak dinobatkan sebagai pemain terbaik atau bintang di Liga 1 2020 pekan kedua, usai membawa timnya meraih tiga poin.

Itu terjadi ketika Bali United berhasil menumbangkan Barito Putera dengan skor tipis 2-1. Bermain di markas lawan, Serdadu Tridatu unggul dua gol lebih dulu.

Dua gol yang disarangkan Bali United ke gawang Barito Putera itu nyatanya bukan hasil dari Fadil Sausu. Melainkan kreasi dari Stefano Lilipaly dan Lerby Eliandry.

Sedangkan Barito Putera mampu memperkecil ketinggalannya pada enam menit sebelum pertandingan bubar. Gol tuan rumah hadir dari sosok Kahar Muzakkar.

Fadil Sausu sendiri bersyukur timnya bisa melalui partai sulit ini dengan kemenangan. Semua awak tim Bali United sudah kerja keras untuk meraih tiga poin ini.

"Alhamdulillah, kami diberikan kemenangan. Ini hasil yang baik buat Bali United. Semoga pada partai selanjutnya, kami kembali diberi kemenangan," ucap Fadil Sausu dalam jumpa pers usai pertandingan.

Jika melihat dari nama yang tercatat di papan skor pada laga Liga 1 2020 pekan kedua antara Barito Putera vs Bali United, tentunya kalian tidak akan melihat sosok Fadil Sausu.

Akan tetapi, bintang tidak selalu hadir sebagai pencetak gol. Tapi perannya dalam proses mencetak gol juga menjadi pertimbangan mengapa sang pemain pantas menyandang status bintang.

Pada laga Barito Putera vs Bali United, Fadil Sausu mampu memainkan peran sebagai kapten yang rendah hati. Meski sebagai pemimpin, ia mampu melayani ‘anak buahnya’ untuk mencetak gol.

Bagaimana tidak, Fadil Sausu mampu berkontribusi dalam dua gol yang disarangkan Bali Untied. Dirinya memberikan layanan melalui umpan manisnya dari pinggri lapangan.

Pada gol pertama Bali United, Fadil Sausu yang bermain melebar ke sisi kiri lapangan memberikan umpan silang sempurna. Bola itupun disambut dengan baik oleh Lilipaly.

Sedangkan pada gol kedua, Fadi Sausu kembali mencari celah melalui sisi kiri. Ia mendapatkan umpan dari Fahmi Al Ayyubi, tanpa menahan bola sang kapten langsung mengirimkan umpan ke depan gawang lawan.

Insting melayaninya begitu terlihat ketika dirinya tidak memilih untuk melepaskan tembakan first time ke arah gawang. Fadil Sausu mengubah arah bola sehingga Lerby mampu menggandakan keunggulan.

Gelandang berusia 34 tahun tersebut kerap kali membantu cara pemain depan Bali United untuk membongkar pertahanan Barito Putera. Itu terlihat ketika dirinya kerap kali bermain melebar, meski posisinya adalah gelandang.

Meski keahliannya tidak menonjol seperti Evan Dimas, akan tetapi Fadil Sausu punya peran penting untuk menyeimbangkan lini tengah Bali United selama kompetisi Liga 1 bergulir.