Liga Europa

Virus Corona Rugikan Pertandingan Liga Europa Sevilla vs AS Roma

Selasa, 10 Maret 2020 12:51 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dua raksasa sepak bola Eropa, Sevilla dan AS Roma, sama-sama mendapat kerugian dalam pertandingan mereka di Liga Europa 2019-2020 lantaran penyebaran virus Corona.

Virus Corona memang sudah menyebar di Eropa, tepatnya di negara Italia. Karena hal tersebut, banyak pertandingan yang dibatalkan dan ada juga yang tetap dilanjutkan sesuai jadwal, tapi lantas harus secara tertutup tanpa penonton.

Akan tetapi, karena ada potensi virus Corona masih bisa menginfeksi para atlet, Komite Olahraga Italia atau CONI dikabarkan menunda semua perhelatan olahraga di negara tersebut sampai 3 April 2020.

Ternyata, situasi ini juga mengancam Liga Europa. Bahkan, melansir dari laman portal berita olahraga Football Espana, pertandingan 16 besar Liga Europa musim ini antara Sevilla vs AS Roma juga bakal digelar secara tertutup tanpa penonton, baik di leg pertama maupun kedua.

Sebenarnya, leg pertama yang akan diselenggarakan di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, kandang Sevilla, tidak ada hubungannya dengan penyebaran Corona di Italia. Namun, pihak otoritas medis setempat menyarankan agar laga tersebut tetap digelar secara tertutup.

Pasalnya, sebanyak 600 suporter AS Roma sudah memesan tiket untuk pertandingan tersebut. Dengan jumlah penonton sebanyak itu, tidak menutup kemungkinan ada satu atau dua orang yang diam-diam ternyata terinfeksi dan akhirnya menular ke seluruh yang hadir di stadion.

Situasi ini tentu membuat Sevilla dan AS Roma mengalami kerugian. Seperti pendapat beberapa pemain sepak bola lain terkait virus Corona, laga secara tertutup membuat pertandingan sepak bola merasa tidak lengkap, karena salah satu sumber semangat pemain adalah dari penonton itu sendiri.

Meski demikian, keputusan sudah diambil. Klub LaLiga Spanyol dan Serie A Liga Italia itu akan tetap menjalani pertandingan leg pertama 16 besar Liga Europa seperti yang sudah dijadwalkan, yaitu Jumat, 13 Maret 2020 pukul 00.55 dini hari WIB.

Sejauh ini, dua klub tersebut baru bertemu dua kali, yaitu di pertandingan persahabatan. Sevilla sukses menang satu kali dengan skor 2-1 pada 11 Agustus 2017 dan AS Roma juga menang satu kali dengan skor 6-4 pada 15 Agustus 2015.