Liga Champions

Atalanta dan 7 Debutan Liga Champions yang Tembus Perempat final, Siapa Saja?

Rabu, 11 Maret 2020 11:05 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
© Alex Caparros/Getty Images
Atalanta bukan satu-satunya tim debut yang langsung sukses ke perempatfinal Liga Champions. Ada tujuh tim lain yang bernasib serupa. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Atalanta bukan satu-satunya tim debut yang langsung sukses ke perempatfinal Liga Champions. Ada tujuh tim lain yang bernasib serupa.

INDOSPORT.COM - Kemenangan di babak 16 besar Liga Champions meloloskan Atalanta ke perempat final. Mereka bukanlah tim debutan pertama yang melakukannya sepanjang sejarah kompetisi.

Total ada tujuh tim berbeda yang secara ajaib memiliki debut manis ketika melakoni kompetisi sepak bola terbesar seantero Eropa tersebut, antara lain Leicester City, Malaga, Villarreal, Deportivo La Coruna, Lazio, Bayer Leverkusen, dan Auxerre.

Meskipun telah sukses menembus perempat final, tidak banyak klub-klub beruntung yang bisa melaju ke semifinal Liga Champions. Villarreal menjadi satu-satunya tim debut yang sukses melaju sebelum disingkirkan Arsenal edisi 2005-2006.

Setidaknya ada beberapa tim lain yang justru bernasib apes usai sukses merasakan babak 8 besar panggung sepak bola terakbar Benua Biru. Sebagian besar malah langsung terdegradasi, seperti Auxerre, Malaga, dan Deportivo La Coruna.

Lazio cukup dijagokan untuk bisa meraih juara Liga Champions 1999-2000, namun masalah finansial membuat performa mereka tidak konsisten. Beruntung, mereka sempat kembali ke Liga Champions musim 2007-2008, dan kerap mengikuti Liga Europa.

Bayer Leverkusen pun demikian. Sebagai tim yang kerap dapat tiket Liga Champions, mereka termasuk tim tangguh. Sayang perempat final menjadi 1997-1998 menjadi langkah terjauh dengan status debutan.

Musim 2016-2017 menjadi momen berbahagia bagi Leicester City yang langsung tampil gemilang dalam kesempatan pertama menjajal Liga Champions dan menembus perempat final. Sempat terhenti gara-gara takluk atas Real Madrid, The Foxes yakin bisa lolos kualifikasi pada musim ini.

Terakhir tentu saja ada Atalanta yang seolah-olah menjadi tim Kuda Hitam pada gelaran Liga Champions tahun ini usai sukses menghancurkan Valencia dengan agregat skor 8-4. Mereka ditakuti karena kehebatannya mencetak gol di semua ajang.

1