Liga Italia

Penentuan Juara Serie A 2019/20 Lewat Jalur Play-off?

Rabu, 11 Maret 2020 12:43 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Hellas1903.it
Penentuan gelar juara Serie A Liga Italia (Scudetto) 2019-2020 dikabarkan bakal menggunakan jalur play-off lantaran di Italia masih waspada virus corona. Copyright: © Hellas1903.it
Penentuan gelar juara Serie A Liga Italia (Scudetto) 2019-2020 dikabarkan bakal menggunakan jalur play-off lantaran di Italia masih waspada virus corona.

INDOSPORT.COM - Penentuan gelar juara kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia (Scudetto) 2019-2020 dikabarkan bakal menggunakan jalur play-off lantaran di Italia masih waspada ancaman virus corona.

Virus corona memang telah masuk ke Eropa, khususnya ke Italia. Hal ini membuat semua kompetisi olahraga di negara itu, termasuk Serie A Liga Italia, ditunda sampai 3 April 2020. Pasalnya, bermain secara tertutup pun tidak menjamin keselamatan para atlet dari infeksi.

Oleh sebab itu, Federasi Sepak bola Italia atau FIGC dikabarkan telah menemui pejabat pemerintah yang bernama Komite Olimpiade Italia dan perwakilan dari liga pada Selasa, 10 Maret 2020 untuk membahas rencana selanjutnya yang akan diambil. Berbagai opsi pun dibahas bersama-sama.

Namun, melansir dari laman portal berita olahraga Football Italia, salah satu pembahasan yang cukup menarik perhatian adalah bahwa penentuan juara Serie A Liga Italia 2019/20 bakal ditentukan lewat jalur play-off. Hal ini disampaikan sendiri oleh Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

"Kami berharap bahwa musim ini tetap bisa berjalan dan berakhir sesuai yang telah direncanakan sejak awal. Karena, jika kita melanjutkan pada 3 April mendatang, artinya ada beberapa pertandingan yang harus mendapat jadwal baru setelah adanya berbagai penundaan ini," ujarnya.

"Saya sendiri melontarkan gagasan untuk play-off dan play-out, dengan tujuan untuk tetap menghargai dan menghormati nilai-nilai dari sebuah kompetisi olahraga. Play-off itu sendiri akan melibatkan empat tim teratas untuk berebut scudetto dan empat tim terbawah untuk play-out degradasi," tutupnya.

Untuk saat ini, empat tim teratas Serie A Liga Italia adalah Juventus, Lazio, Inter Milan, dan Atalanta. Sementara itu, empat tim terbawah adalah Genoa, Lecce, SPAL, dan Brescia. Meski demikian, itu semua baru sampai pekan ke-26. Sehingga, di akhir musim nanti, segalanya bisa berbeda.

Terlepas dari hal tersebut, pekan ke-26 kompetisi sepak bola Serie A Liga Italia musim ini telah diselesaikan. Juventus sukses menang 2-0 atas tamunya, Inter Milan. Sementara itu, AC Milan justru kalah tipis 1-2 atas Genoa di San Siro. Di sisi lain, Atalanta sukses menang besar dengan skor 7-2 atas Lecce.