Liga Indonesia

Kenangan Manis Asisten Pelatih Persija Terhadap Sosok Legenda Sofyan Hadi

Kamis, 12 Maret 2020 00:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Coro Mountana
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Kenangan Manis Asisten Pelatih Persija Terhadap Sosok Legenda Sofyan Hadi. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Kenangan Manis Asisten Pelatih Persija Terhadap Sosok Legenda Sofyan Hadi.

INDOSPORT.COM – Sosok Sofyan Hadi begitu melekat dalam tubuh Persija Jakarta. Tak terkecuali dalam diri asisten pelatih Persija Jakarta, Sudirman.

Sudirman masih begitu ingat akan sentuhan tangan dingin Sofyan Hadi. Baginya almarhum Sofyan Hadi adalah sosok yang sangat disiplin ketika menjadi pelatih.

"Dia adalah sosok yang disiplin. Tahun 2000 saya pernah dilatih dia di PSPS Pekanbaru, satu musim," buka Sudirman di Lapangan Sutasoma, Halim, Jakarta Timur.

"Dia (Sofyan Hadi) disiplin, terus tegas dalam menghukum pemain. Pada saat itu ada pemain tidak disiplin langsung kasih hukuman yang tegas," kenang Sudirman.

Namun kini Sudirman sudah tidak dapat merasakan kehangatan sosok Sofyan Hadi. Mantan pelatih Persija Jakarta itu sudah berpulang siang tafi.

Sofyan Hadi meninggal dunia di usia 69 tahun akibat sakit kanker. Tak lupa Sudirman mengirimkan doa dan akan selalu mengenang jasa pelatih yang memberikan gelar juara untuk Persija tahun 2001 silam.

"Secara pribadi saya turut berduka cita, insyaallah kebaikan beliau diterima di sisi Allah. Selama di persija saya pernah melihat dia di rumah sakit dan tidak banyak dibicarakan saat itu."

"Dia sosok yg disiplin tegas. Dia tidak mementingkan pemain senior dan muda. Kalau buat peraturan dia jalankan dnegan tegas," beber Sudirman.

"Pasti hal yang baik akan saya terapkan di segala hal saat saya melatih bukan hanya di sini," tukas ia.

Sofyan Hadi adalah sosok yang sangat melegenda di Persija Jakarta terutama pada saat ia mengantarkan Macan Kemayoran juara Liga Indonesia musim 2001 silam.