Bola Internasional

Gandeng WHO, FIFA Pantau Perkembangan Wabah Virus Corona

Jumat, 13 Maret 2020 18:42 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Irfan Fikri
© Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino, bekerjasama dengan WHO (World Health Organization) untuk mencegah penyebaran virus corona di sepak bola Copyright: © Getty Images
Presiden FIFA, Gianni Infantino, bekerjasama dengan WHO (World Health Organization) untuk mencegah penyebaran virus corona di sepak bola

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola tertinggi di dunia, FIFA, langsung mengambil langkah cepat dengan menjalin kerjasama dengan WHO (World Health Organization) untuk mencegah penularan virus corona dalam lingkungan olahraga.

Dilansir dalam laman resmi FIFA, sang presiden, Gianni Infantino, belakangan ini diketahui bertemu dengan petinggi WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyeus, di kantor WHO di Geneva, Swiss. Pertemuan tersebut untuk membahas dunia sepak bola di tengah wabah virus corona.

"Badan pemerintah di bidang olahraga dan para pengambil keputusan harus selalu mengutamakan kesehatan di berbagai bidang," ujar Infantinno dan Dr. Tedros dalam pernyataannya.

Gianni Infantino pun meminta semua pihak di dunia olahraga terutama sepak bola untuk mengikuti instruksi pemerintah di negaranya untuk memberi perlindungan kepada suporter, pemain, dan pelatih. Hal ini menjadi langkah FIFA untuk mencegah penyebaran virus corona di sepak bola.

"Semua pihak di dunia olahraga harus bersedia mengikuti petunjuk dari pemerintah di negaranya untuk menjaga sebuah kompetisi yang dapat menjaga kesehatan fans, pemain dan pelatih serta berbagai pihak," lanjut Infantino.

Sejatinya WHO dan FIFA pada tahun 2019 silam telah menjalin kerjasama selama empat tahun untuk berkolaborasi dalam mempromosikan gaya hidup sehat dalam sepak bola dunia.

Kolaborasi ini pun berlanjut setelah merebaknya wabah virus corona. FIFA dan WHO akan kembali mendiskusikan bagaimana kelanjutan kompetisi sepak bola ditengah pandemi yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Sejumlah ajang penting sepakbola seperti Euro 2020, kompetisi Serie A Italia serta Liga Inggris harus tertunda sementara menyusul makin parahnya kondisi. Wabah virus corona di dunia per Jumat (13/03/2020) sudah mencapat 138.156 kasus dengan jumlah meninggal mencapai 5080 orang.