Liga Indonesia

Jelang Kick Off, Berikut Beberapa Hal Unik dan Kocak Sepanjang Liga 2 Bergulir

Jumat, 13 Maret 2020 17:58 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Jelang Kick Off, Berikut Beberapa Hal Unik dan Kocak Sepanjang Liga 2 Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Jelang Kick Off, Berikut Beberapa Hal Unik dan Kocak Sepanjang Liga 2

INDOSPORT.COM - Jelang kick off perdana pada Sabtu (14/3/2020) mendatang, berikut kenang kembali beberapa hal unik dan kocak sepanjang bergulirnya Liga 2 Indonesia.

PT LIB sendiri sudah memastikan tanggal kick-off Liga 2 2020, yakni pada Sabtu mendatang dengan mempertemukan duel sengit antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan.

Sebanyak 24 tim akan terbagi dalam dua wilayah, sama seperti musim lalu yakni Barat dan Timur. Namun musim ini Liga 2 akan sedikit berbeda, lantaran tidak memainkan babak 8 besar sehingga peringkat pertama langsung lolos ke kasta teratas Liga Indonesia sementara para runner up saling tanding di babak play off.

Berikut pembagian tim di masing-masing wilayah. Dari wilayah Barat diisi oleh mayoritas tim Sumatera seperti PSMS Medan, Semen Padang, Badak Lampung FC, PSPS Riau, Babel United FC, dan Sriwijaya FC. 

Serta tambahan dari beberapa tim asal Jawa Barat hingga Jawa Tengah mulai dari Perserang Serang, Cilegon United FC, PSIM Yogyakarta, PSKC Cimahi, plus dua tim promosi Persekat Tegal dan AS Abadi Tiga Naga. 

Sedangkan Grup Timur akan ditempati Kalteng Putra, Martapura FC, Mitra Kukar FC, Persiba Balikpapan, Persijap Jepara. Kemudian ada Persis Solo, PSCS Cilacap, Putra Sinar Giri, Persigo Semeru, Sulut United FC, PSBS Biak, dan Persewar Waropen.

Jelang partai pembuka kasta kedua Liga Indonesia akhir pekan nanti, berikut INDOSPORT coba rangkum beberapa kejadian menarik serta unik yang pernah terjadi sepanjang Liga 2 sejak 2017 silam.

1. Jersey Unik

© Instagram/@adechristian28
Jersey unik PSMP Mojokerto Copyright: Instagram/@adechristian28Jersey unik PSMP Mojokerto

Kejadian unik pertama menimpa tim asal Jawa Timur, PS Mojokerto Putra yang mengenakan jersey cukup tidak biasa di pertandingan Liga 2 musim 2018 silam.

Jersey tersebut bermotif tuxedo lengkap dengan dasi panjang. Jersey unik tersebut, mirip dengan jersey dari klub Divisi 3 Liga Spanyol, Cultural Leonesa di musim 2014/15. 

Bedanya, jersey PS Mojokerto Putra saat itu memakai motif dasi panjang, sedangkan jersey Cultural Leonesa memakai motif dasi kupu-kupu.

2. Sponsor 'Tugas Negara Bos'

© Twitter @SuporterTVFC
Jersey bertuliskan Tugas Negara Bos miliki PS Mojekerto Putera. Copyright: Twitter @SuporterTVFCJersey bertuliskan Tugas Negara Bos miliki PS Mojekerto Putera.

Selain jersey, ternyata PS Mojokerto juga punya cerita menarik dari sponsor yang mendanai mereka musim 2017 silam. Di mana terdapat kalimat unik yang membentang di jersey mereka 'Tugas Negara Bos', sebagai pihak sponsor.

Selidik punya selidik, Tugas Negara Bos ternyata sebuah bisnis yang dibuat oleh dua putra Presiden Joko Widodo, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Bisnis tersebut bergerak di bidang pengadaan jas hujan yang beroperasi di Solo, Jawa Tengah.

3. Launching Klub di Mall

© Wikipedia
Logo Persekat Kabupaten Tegal. Copyright: WikipediaLogo Persekat Kabupaten Tegal.

Klub promosi Persekat Kabupaten Tegal terus melakukan terobosan demi terobosan unik menjelang kick-off kompetisi Liga 2 2020.

Setelah sebelumnya mengeluarkan produk beras sebagai salah satu usaha dan membagikan makanan ringan kepada para suporter di stadion, kali ini Persekat akan melakukan kegiatan launching skuat yang jarang dilakukan oleh klub lain, yakni di dalam Trans Studio Mini Tegal, pada Rabu (11/3/20).

Dalam acara launching tersebut, Persekat memperkenalkan pemain, ofisial, jersey, store, dan produk-produk yang akan dijual sebagai sumber pemasukan dalam mengarungi kompetisi Liga 2 2020.

Selain itu, kegiatan meet and greet bersama pemain dan pembagian hadiah kepada suporter Persekat yang hadir juga akan mereka lakukan di sela-sela ada acara launching.