Liga Inggris

Tampil Kurang Meyakinkan, Ini 3 Masalah Besar Liverpool Belakangan

Sabtu, 14 Maret 2020 12:38 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
Liverpool belakangan ini memang tengah memperlihatkan permainan kurang meyakinkan setelah tumbang tiga kali dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang. Copyright: © Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
Liverpool belakangan ini memang tengah memperlihatkan permainan kurang meyakinkan setelah tumbang tiga kali dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang.

INDOSPORT.COMLiverpool belakangan ini memang tengah memperlihatkan permainan kurang meyakinkan setelah tumbang tiga kali dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang.

Situasi tersebut nyatanya jarang terlihat di awal-awal kompetisi. Bagaimana tidak, hingga pekan ke-27 Liga Inggris, belum ada tim yang berhasil mengalahkan Liverpool.

Barulah ketika memasuki pekan berikutnya, Liverpool akhirnya tumbang dengan skor telak 0-3 saat bertandang ke markas klub papan bawah Liga Inggris 2019/20, Watford.

Tidak ada yang menyangka jika akhirnya Liverpool tumbang dari tim yang saat itu masih berada di zona degradasi Liga Inggris. Akan tetapi, The Reds harus menerima kenyataan pahit tersebut.

Beberapa hari berselang, Liverpool juga kembali menelan kekalahan saat bermain di Piala FA melawan Chelsea. Bermain di Stamford Bridge, anak asuh Jurgen Klopp tumbang 0-2.

Terakhir, Liverpool harus angkat kaki dari ajang besar seperti Liga Champions. Mereka disingkirkan Atletico Madrid di babak 16 besar dengan agregat 2-4.

Meski berstatus sebagai juara bertahan, Liverpool tetap tersingkir. Oleh karena itu, INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 masalah yang menimpa Liveprool belakangan ini.

Pertahanan Rapuh

Pertahanan Liverpool memang sangat rapuh dibandingkan dengan apa yang mereka perlihatkan sejak awal musim. Situasi ini bahkan dibenarkan langsung oleh Jurgen Klopp.

"Biasanya, klub tidak mendapatkan banyak peluang melawan kami. Sekarang, kami harus mengakui bahwa dalam tiga atau empat laga terakhir, kami kebobolan terlalu banyak gol," ujarnya beberapa wkatu lalu.

Terhitung, Liverpool sudah kebobolan sebanyak 11 kali dalam lima pertandingan di semua kompetisi. Itu sudah cukup menjelaskan bahwa pertahanan mereka rapuh.

Tak Bisa Hadapi Pertahanan Kuat

Liverpool hampir tidak pernah bisa mengalahkan tim yang memiliki atau memainkan pertahanan kuat. Itulah yang diperlihatkan Watford dan Atletico Madrid.

Lini depan Liverpool terlihat begitu tak efektif ketika Mohamed Salah dan kawan-kawan hanya mampu melepaskan satu tembakan di babak pertama. Mereka Nampak kesulitan menembus pertahanan disiplin yang diperlihatkan Watford.

Saat menghadapi pertahanan kuat Atletico Madrid, sebenarnya Liverpool cukup baik, di mana mereka sukses mencetak dua gol. Sayangnya, kejutan tim tamu membuat The Reds harus tersingkir di Liga Champions.

Hilangnya Sosok Alisson Becker

Alisson Becker diketahui mengalami cedera panggul sebelum Liverpool menghadapi Chelsea di ajang Piala FA. Situasi itu membuat Jurgen Klopp bergantung kepada Adrian untuk menjaga gawang Liverpool.

Setelah Alisson absen, nyatanya Liverpool nyatanya tampil kurang baik. Dari tiga laga, Liverpool mengalami dua kekalahan (lawan Chelsea dan Atletico Madrid).

Kiper pengganti, Adrian justru tampil sangat mengecewakan dengan melakukan blunder fatal dalam dua pertandingan. Pada laga melawan Chelsea, Adrian tak mampu mengantisipasi sepakan Willian dengan baik.

Pada laga krusial melawan Atletico Madrid, Adrian kembali melakukan kesalahan yang membuat Liverpool kebobolan. Situasi ini jelas membuat Klopp membutuhkan Alisson di bawah mistar.