Bola Internasional

Kerier Sepak Bola Julian Nagelsmann Dalam Deretan Angka

Senin, 16 Maret 2020 20:17 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© getty images
Julian Nagelsmann adalah pelatih termuda yang bisa membawa klubnya, RB Leipzig, lolos ke perempatfinal Liga Champions musim ini. Copyright: © getty images
Julian Nagelsmann adalah pelatih termuda yang bisa membawa klubnya, RB Leipzig, lolos ke perempatfinal Liga Champions musim ini.

INDOSPORT.COM - Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann baru saja berhasil mencatakan namanya di dalam buku rekor. Pelatih kelahiran Landsberg, Jerman, 32 tahun silam ini baru saja tercatat sebagai pelatih termuda yang sukses membawa timnya lolos ke babak perempatfinal Liga Champions musim 2019/20 ini.

Penampilan sensasionalnya di Liga Champions berbanding lurus dengan penampilannya di Bundesliga Jerman. Leipzig saat ini berada di posisi ke-3 klasemen sementara dengan raihan 50 poin. Terpaut 5 poin dari Bayern Munchen di puncak klasemen.

Dilansir dari laman resmi Bundesliga Jerman, berikut adalah deretan angka yang merepresentasikan Nagelsman sepanjang karirnya di sepakbola entah sebagai pemain maupun pelatih.

20: Ini adalah usia ketika Nagelsmann memutuskan untuk gantung sepatu sebagai pemain akibat cedera lutut parah yang dideritanya. Selanjutnya dirinya diketahui melanjutkan pendidikannya di jurusan Administrasi Bisnis sebelum kemudian banting setir dan berganti menjadi Ilmu Keolahragaan 4 semester kemudian.

28: Pada usia 28 tahun dirinya berhasil tercatat sebagai pelatih termuda di tim senior Bundesliga Jerman setelah Hoffenheim resmi menunjuknya sebagai pelatih untuk menggantikan Huub Stevens yang memiliki masalah kesehatan.

Sebelumnya Nagelsmann telah mencuri perhatian ketika dirinya berhasil membawa Hoffenheim U-19 merajai kompetisi muda di Bundesliga Jerman.

31: Nagelsmann berhasil tampil sebagai pelatih termuda di Liga Champions musim 2018/19. Saat itu dirinya baru saja berusia 31 tahun 58 hari. Skema permainan atraktifnya benar-benar menghibur dan mampu memebrikan kejutan di Liga Champions musim tersebut.

32: Berusia 32 tahun 231 hari, Nagelsmann kembali mencatatkan rekor d Liga Champions sebagai pelatih termuda yang akan tampil di babak perempatfinal Liga Champions setelah dirinya sukses lolos dari hadangan Tottenham Hotspur di babak 16 besar kemarin.

Di usianya yang baru menginjak 32 tahun, Nagelsmann memiliki kans untuk memecahkan rekor-rekor lain seperti pelatih termuda yang berhasil menjadi kampiun di Bundesliga Jerman yang saat ini dipegang oleh Mathias Sammer setelah dirinya berhasil mengantarkan Borussia Dortmund meraih gelar tersebut pada tahun 2002 saat usianya baru menginjak 38 tahun.

Atau dirinya bisa melampaui catatan impresif Pep Guardiola yang berhasil mengantarkan Barcelona menjadi kampiun Liga Champions pada tahun 2009 ketika usianya masih 39 tahun saat itu. Pilih yang mana, Nagelsmann?