Liga Indonesia

Selamat Ulang Tahun, Boaz Solossa!

Senin, 16 Maret 2020 20:29 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© headtopics.com
Salah satu legenda dalam persepakbolaan Indonesia, Boaz Theofilius Erwin Solossa berulang tahun yang ke-34 hari ini, Senin (16/3/2020). Copyright: © headtopics.com
Salah satu legenda dalam persepakbolaan Indonesia, Boaz Theofilius Erwin Solossa berulang tahun yang ke-34 hari ini, Senin (16/3/2020).

INDOSPORT.COM – Salah satu legenda dalam persepakbolaan Indonesia, Boaz Theofilius Erwin Solossa berulang tahun yang ke-34 hari ini, Senin (16/3/2020).

Lahir di Sorong, Papua Barat 16 Maret 1986, dirinya bersama sang kakak, Ortizan Solossa adalah salah satu pemain bola terbaik Indonesia jebolan Papua.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Persipura Papua 1963 (@persipurapapua1963) on

Mengawali karirnya di Persipura Jayapura pada tahun 2005, sampai detik ini Boaz yang akrab disapa Bochi ini saat ini masih setia berkarir di sana.

Terkenal dengan kaki kirinya yang istimewa, Boaz adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Memiliki kemampuan dribel di atas rata-rata dan akurasi umpan yang baik, pemain bertinggi badan 172 cm ini juga terkenal akan naluri mencetak golnya yang tinggi.

Di masa puncaknya, dirinya selalu menjadi tumpuan Indonesia untuk mencetak gol. Bahkan sampai saat ini, belum ada penyerang lokal yang bisa bersaing dengan deretan penyerang asing untuk menjadi top skor di Liga 1 Indonesia seperti yang dia lakukan dengan Persipura.

Pernah dijuluki dengan sebutan anak ajaib ketika dibawa oleh Peter Withe di ajang Piala Tiger 2004, Boaz adalah pesepakbola asal Indonesia pertama yang masuk ke dalam daftar 50 pesepakbola terbaik Asia bikinan FourFourTwo Magazine.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Timnas Indonesia (@lingkar.timnas) on

Meskipun pernah mendapat tawaran menggiurkan untuk hijrah ke Eredivisie dan bermain bersama VVV-Venlo, sampai saat ini Boaz masih setia bersama Mutiara Hitam.

Selamat ulang tahun, Boaz! Semoga sehat selalu dan bisa terus menginspirasi generasi muda pesepakbola Indonesia saat ini.