Liga Indonesia

Ketidakberuntungan yang Membawa Persipura Kalahkan Persebaya

Jumat, 13 Maret 2020 23:57 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sudjarwo /INDOSPORT
Di balik kemenangan Persipura di markas Persebaya Surabaya di Liga 1 2020, nyatanya ada cerita yang tak mengenakkan. Copyright: © Sudjarwo /INDOSPORT
Di balik kemenangan Persipura di markas Persebaya Surabaya di Liga 1 2020, nyatanya ada cerita yang tak mengenakkan.

INDOSPORT.COM - Di balik kemenangan Persipura Jayapura di markas Persebaya Surabaya dengan skor 4-3 pada laga Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (13/3/20), nyatanya ada cerita tak mengenakkan yang dialami skuat berjuluk Mutiara Hitam itu.

Persipura yang telah dipastikan pincang karena tak bisa diperkuat Arthur Cunha dan Ricardo Salampessy, justru bertambah parah setelah Sylvano Comvalius juga harus menepi lantaran mengalami cedera hamstring sehari sebelum laga digelar.

Praktis, Jacksen Tiago hanya memiliki seorang Boaz Solossa sebagai goal getter di lini depan, mengingat Marinus Wanewar juga belum bisa bermain. 

Derita skuat Persipura nyatanya tak berhenti disitu saja. Gelandang gaek Persipura, Ian Louis Kabes yang semula disiapkan untuk bermain juga harus ditarik dari lapangan sebelum laga digelar akibat cedera sewaktu melakukan warming up.

Tak hanya itu, lagi-lagi Jacksen harus memutar otak disaat laga baru berjalan 14 menit. Sang kapten, Boaz Solossa juga harus keluar lapangan lebih cepat karena mengalami cedera.

Jacksen sendiri mengaku jika dirinya harus mendadak mengubah strategi dan terpaksa memainkan senjata rahasianya (Gunansar Mandowen) sejak menit awal.

"Kita punya beberapa rencana, tapi sebenarnya rencana kita tidak berjalan baik. Sebelum pertandingan, Ian Kabes harus keluar, Comvalius juga cedera dan kita kehilangan Boaz juga," ujar Jacksen usai laga.

"Kemudian kita hanya punya pemain seperti Gunansar dan Feri Pahabol yang punya kecepatan di lini depan. Kita sebenarnya menyiapkan mereka di waktu tertentu, tapi kita terpaksa harus turunkan lebih awal," bebernya.

Alhasil, ketidakberuntungan yang didapat Persipura sebelum laga dimulai justru membawa mereka pada kemenangan impresif di markas Persebaya.

Jacksen mengaku bangga dan tak sungkan menyebut anak asuhnya pantas mendapatkan kemenangan di laga tersebut karena kerja keras yang luar biasa.

"Kita bersyukur kepada Tuhan atas hasil yang kita dapat, sebuah laga yang sangat berat tapi saya rasa kita memang pantas mendapatkan hasil ini," pungkasnya.

Atas hasil kemenangan di markas Persebaya, Persipura kini merangsek naik ke peringkat ke-3 di papan klasemen sementara Liga 1 2020 dengan mengoleksi 6 poin dari tiga laga. 

2