Bola Internasional

Barcelona Usulkan Euro dan Copa America Diundur ke Tahun Depan

Selasa, 17 Maret 2020 19:34 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Barcelona akan mengajukan usulan penundaan Piala Eropa dan Copa Amerika demi menyelesakan kekacauan jadwal kompetisi sepak bola di Eropa. Copyright: © Getty Images
Barcelona akan mengajukan usulan penundaan Piala Eropa dan Copa Amerika demi menyelesakan kekacauan jadwal kompetisi sepak bola di Eropa.

INDOSPORT.COM – Barcelona akan mengajukan usulan penundaan Piala Eropa dan Copa Amerika demi menyelesakan kekacauan jadwal kompetisi sepak bola di Eropa. Klub Spanyol itu berharap UEFA dan CONMEBOL bersedia memprioritaskan liga domestik.

Pandemi corona yang telah menginfeksi sedikitnya 150 negara menimbulkan kekacauan besar di dunia olah raga. Sejumlah kompetisi mengalami penundaan maupun pembatalan demi mencegah semakin menularnya virus tersebut

Di ajang sepak bola khususnya di Eropa, sejumlah liga-liga domestik seperti Liga Primer Inggris dan LaLiga Spanyol dihentikan sementara. Kompetisi tingkat Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa pun mengalami problem yang sama.

Penghentian ini pun menimbulkan masalah karena hingga kini masih belum diketahui bagaimana kelanjutan liga-liga tersebut. Yang lebih buruk lagi, ketidakpastian ini juga memengaruhi pelaksanaan Piala Eropa dan Copa America yang direncanakan digelar musim panas ini.

Demi mengatasi hal itu, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu akan mengajukan usulan pada pertemuan yang akan diadakan oleh UEFA pada Selasa (17/03/20). Dilansir Diario Sport, Barcelona akan meminta UEFA untuk memprioritaskan liga domestik dan Liga Champions dengan cara memundurkan pelaksanaan Piala Eropa ke tahun 2021.

Bartomeu sendiri disebut mengharapkan dukungan klub-klub Eropa lainnya pada pertemuan tersebut tentang usulannya ini.

Permintaan penundaan kompetisi juga akan diajukan Barcelona kepada CONMEBOL (Federasasi Sepak Bola Amerika Selatan). Melalui Bartomeu, Barcelona juga akan meminta CONMEBOL untuk memundurkan pelaksanaan Copa Amerika ke tahun 2021.

Namun, CONMEBOL dikabarkan akan menunggu lebih dulu keputusan UEFA terkait usulan Barcelona itu sebelum mengambil keputusan tentang Copa America. Keputusan akhir UEFA sendiri  tentang lanjutan Liga Champions dan pelaksanaan Piala Eropa 2020 akan diambil pada pertemuan yang digelar hari ini, Selasa (17/03/20).

Hingga saat ini, masih belum diketahui apa yang dilakukan terhadap sisa pertandingan Liga Champions musim ini, termasuk laga leg kedua Barcelona vs Napoli di babak 16 besar. UEFA disebut-sebut mempertimbangkan untuk menggelar babak perempat final dan semi final dengan satu pertandingan saja untuk menyingkat waktu.

Untuk diketahui, Euro 2020 direncanakan akan digelar pada 12 Juni – 12 Juli di 12 kota yang tersebar di berbagai negara di Eropa. Sementara itu, Copa America 2020 akan digelar pada tanggal yang sama, dengan Kolombia dan Argentina sebagai tuan rumah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%