Liga Champions

Jika Euro Ditunda, UEFA Berjanji Selesaikan Liga Champions Tahun Ini

Selasa, 17 Maret 2020 16:14 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Meski EURO 2020 kemungkinan besar bakal ditunda, ajang Liga Champions bakal diselesaikan tahun ini. Copyright: © INDOSPORT
Meski EURO 2020 kemungkinan besar bakal ditunda, ajang Liga Champions bakal diselesaikan tahun ini.

INDOSPORT.COMEuro 2020 kemungkinan besar akan ditunda oleh UEFA dan akan kembali digelar pada tahun 2021 mendatang. Bagaimana nasib Liga Champions?

Kabar penundaan Euro 2020 oleh UEFA tersebut tidak membuat mereka juga ikut menunda Liga Champions dan Liga Europa musim ini. UEFA berjanji akan menyelesaikan dua kompetisi tersebut musim ini selambat-lambatnya akhir tahun nanti.

Dilansir dari Daily Mail, penundaan Euro 2020 itu akan berpengaruh pada beberapa kompetisi yang digelar di Eropa. Seperti contohnya, final UEFA Nations League yang kemungkinan akan digelar pada akhir tahun 2021.

Untuk Liga Champions dan Liga Europa sendiri, UEFA kekeh menyelesaikan dua kompetisi antarklub Eropa tersebut entah bagaimana pun caranya. Beberapa pihak telah memberikan solusi terkait penyelesaian tersebut.

Salah satu contohnya, meniadakan home-away pada babak perempatfinal dan semifinal atau mengganti format yang telah berjalan menjadi semacam liga mini. Nantinya, final Liga Champions juga akan digelar sebelum laga domestik di liga-liga Eropa selesai.

UEFA sendiri membebaskan federasi sepak bola di bawah naungannya yang akan memutuskan mana klub yang berhak berlaga mewakili negara mereka di Liga Champions atau Liga Europa jika liga di negara mereka ternyata belum selesai ketika Liga Champions akan dimulai.

Pembahasan itu semua diikuti oleh Aleksander Ceferin selaku Presiden UEFA dan 55 negara di bawah naungan mereka yang diwakili oleh Mark Bullingham.