Bola Internasional

Kylian Mbappe dan Liverpool Jadi yang 'Termahal' di Dunia

Selasa, 17 Maret 2020 16:05 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Striker PSG, Kylian Mbappe dan klub Liga Inggris, Liverpool menahbiskan diri sebagai pemain dan skuat termahal di dunia sepak bola. Copyright: © Getty Images
Striker PSG, Kylian Mbappe dan klub Liga Inggris, Liverpool menahbiskan diri sebagai pemain dan skuat termahal di dunia sepak bola.

INDOSPORT.COM - Skuat raksasa Liga Inggris, Liverpool, menjadi skuat termahal di daratan Eropa setelah sebuah badan data di dunia sepak bola mengunggah harga setiap pemain yang berkarier di lima liga teratas.

Melansir dari Daily Mail, keberhasilan Liverpool menjuarai Liga Champions musim 2018-2019 serta gelar-gelar kontinental seperti Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub membuat harga pemain The Reds melonjak drastis.

Disebutkan skuat Liverpool saat ini memiliki nilai 1,27 miliar poundsterling atau sekitar Rp23 triliun. The Reds mengungguli rival-rivalnya di Liga Inggris sebagai klub dengan skuat termahal.

Di posisi kedua ditempati oleh Manchester City, kemudian Barcelona dan juga Real Madrid yang terpisah 63 juta poundsterling (Rp1,1 triliun) saja. 

Ditempat kelima ada nama Chelsea. Meski tak memiliki pemain berkelas layaknya sang rival, The Blues mendapat predikat skuat termahal kelima di dunia berkat aksinya yang meluluskan para pemain muda yang dirasa memiliki klausa mahal.

Manchester United berada di tempat keenam, dan Tottenham Hotspur berada di tempat kesembilan kendati laju mereka terbilang buruk.

Untuk pemain termahal di dunia, nama Kylian Mbappe duduk ditempat pertama. Diketahui klausul jual pemain berusia 21 tahun ini mencapai 227 juta poundsterling atau sekitar Rp4,1 triliun.