Bola Internasional

Apa Kabar Umit Davala? Gelandang Sayap Turki yang Pernah Membelot dari AC Milan ke Inter?

Rabu, 18 Maret 2020 07:37 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© newsmondo.it
Umit Davala, namanya dahulu tenar sebagai gelandang sayap hebat asal Turki, dan pernah membelot dari AC Milan ke Inter Milan. Apa kabar dirinya? Copyright: © newsmondo.it
Umit Davala, namanya dahulu tenar sebagai gelandang sayap hebat asal Turki, dan pernah membelot dari AC Milan ke Inter Milan. Apa kabar dirinya?

INDOSPORT. COM - Umit Davala, namanya dahulu tenar sebagai gelandang sayap hebat asal Turki, dan pernah membelot dari AC Milan ke Inter Milan.

Perjalanan karier sepak bola Umit Davala dimulai pada tahun 1990 bersama klub asal Jerman, ASV Feudenheim. Setelah kurang lebih empat tahun mengembara di Jerman, Umit Davala akhirnya pulang kampung ke tanah kelahirannya, Turki.

Afyonspor jadi klub Turki pertama yang dibela Umit Davala. Kesuksesan karier Umit Davala baru tercipta sepanjang 1996 sampai 2001, yang mana dirinya membela klub top Galatasaray dan meraih lima gelar Liga Turki, serta satu Piala UEFA (sekarang Liga Europa).

Pasca puas meraup sukses di Galatasaray, Umit Davala memutuskan merantau ke Italia pada awal musim 2001/02. Ia hijrah menuju klub raksasa Serie A Italia, AC Milan.

Bersama AC Milan, karier Umit Davala tampak tenggelam. Umit Davala hanya bermain 13 kali tanpa pernah bisa mnecetak gol ataupun assist.

© Abdulhamid Hosbas/Anadolu Agency/Getty Images
Umit Davala, gelandang sayap Turki yang pernah membelot dari AC Milan ke Inter. Copyright: Abdulhamid Hosbas/Anadolu Agency/Getty ImagesUmit Davala, gelandang sayap Turki yang pernah membelot dari AC Milan ke Inter.

Beruntung, Umit Davala masih terpanggil ke skuat Turki untuk Piala Dunia 2002. Penampilan Umit Davala di Piala Dunia 2002 membantu Turki meraih status peringkat tiga. 

Pasca Piala Dunia 2002 berakhir, Umit Davala kembali ke Italia. Namun Umit Davala tidak lagi membela AC Milan, melainkan pindah ke klub rival sekota, Inter Milan.

Ketika berkostum Inter Milan, karier Umit Davala juga kurang mulus. Ia berkali-kali dipinjamkan, baik ke klub lamanya, Galatasaray, maupun menuju penghuni Bundesliga Jerman, Werder Bremen.

Karier Umit Davala sendiri berakhir pada tahun 2006. Umit Davala memutuskan gantung sepatu saat dirinya bermain untuk Werder Bremen.

Lama setelah gantung sepatu, Umit Davala ternyata kini masih aktif di jagat sepak bola. Umit Davala mulai menekuni profesi kepelatihan dengan menjadi asisten manajer Galatasaray.

Karier kepelatihan Umit Davala sendiri dimulai pada tahun 2006, ketika menjabat sebagai pelatih Turki U-21. Umit Davala menjabat di sana selama dua tahun dan memainkan lima laga.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Davala ümit (@udavala22) on

Setelah meninggalkan Turki U-21, Umit Davala bertindak sebagai asisten manajer di Galatasaray pada tahun 2008. Sempat pindah ke Tuzlaspor, Umit Davala akhirnya kembali lagi ke Galatasaray pada 2018 hingga sekarang.