Bola Internasional

CONMEBOL Tunda Copa America karena Corona, Ini Jadwal Barunya

Kamis, 19 Maret 2020 14:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© TimesNow
CONMEBOL terpaksa menunda Copa America 2020 akibat wabah virus Corona. Copyright: © TimesNow
CONMEBOL terpaksa menunda Copa America 2020 akibat wabah virus Corona.

INDOSPORT.COM - Copa America 2020, kompetisi internasional regional Amerika Selatan, telah resmi ditunda CONMEBOL hingga musim panas 2021.

Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengumumumkan berita ini tepat ketika ajang Euro 2020 ditunda karena wabah virus Corona.

Dengan sebagian besar kompetisi klub di seluruh dunia yang ditangguhkan, semakin jelas bahwa liga-liga itu akan membutuhkan waktu saat musim panas untuk menyelesaikan musim 2019-2020.

Mengubah jadwal kompetisi sambil menunggu situasi membaik merupakan solusi terbaik untuk saat ini. Pasalnya, sejumlah klub sepak bola telah mengonfirmasi kasus positif Corona.

Banyak pemain Timnas di Amerika Selatan sendiri bermain untuk klub-klub Eropa, seperti Lionel Messi untuk Argentina (Barcelona) dan Neymar untuk Brasil (PSG). Sayangnya, para penikmat sepak bola harus bersabar untuk menyaksikan aksi mereka di Copa America.

Berikut pengumuman CONMEBOL terkait kasus penyebaran virus Corona COVID-19.

"Terperinci tentang situasi mengenai dunia dan evolusi regional dari virus Corona (COVID-19), dan dengan rekomendasi yang dibuat oleh organisasi internasional di bidang kekayaan publik untuk mengambil tindakan pencegahan ekstrem,

"CONMEBOL mengumumkan penangguhan edisi ke-47 dari CONMEBOL Copa America 11 Juni hingga 11 Juli 2021."

Dari 1987-2001, Copa America dimainkan setiap dua tahun sekali Sejak 2004, ada enam edisi, termasuk musim panas lalu ketika negara tuan rumah Brasil mengalahkan Peru di final.

Edisi 2020 direncanakan akan diadakan di Argentina dan Kolombia. Dengan turnamen ditunda, grup, tim, dan formatnya akan tetap sama. Turnamen akan dimulai pada 11 Juni 2021 dan berakhir pada 10 Juli 2021.

Argentina, Australia, Bolivia, Uruguay, Chili, dan Paraguay berada di Grup A. Kolombia, Brasil, Qatar, Venezuela, Ekuador, dan Peru berada di Grup B. Australia dan Qatar adalah tamu undangan untuk edisi kali ini.

Sementara itu, hingga berita ini dibuat, di Indonesia sendiri sudah tercatat 227 kasus positif Corona. Sejumlah 11 pasien dinyatakan sembuh, 19 meninggal dunia.

Penulis : Hafiz Rizky Pratama