Bola Internasional

Liverpool dan Lazio Boleh Lega, UEFA Tolak Skenario Play-off

Kamis, 19 Maret 2020 07:16 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dikabarkan menolak ide format play-off maupun play-out untuk menyelesaikan sisa kompetisi sepak bola di benua biru. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dikabarkan menolak ide format play-off maupun play-out untuk menyelesaikan sisa kompetisi sepak bola di benua biru.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dikabarkan menolak ide format play-off maupun play-out untuk menyelesaikan sisa kompetisi sepak bola di benua biru. 

Seluruh kalender sepak bola di Eropa tengah dalam ketidakpastian setelah merebaknya pandemi virus corona yang semakin mengkhawatirkan. 

Euro 2020 pun jadi kompetisi teranyar yang harus diundur ke tahun depan.  Diundurnya Euro 2020 juga jadi kesempatan untuk liga-liga domestik menyelesaikan sisa kompetisi

La Repubblica mengabarkan UEFA telah menolak segala bentuk ide play-off dan play-out untuk menyelesaikan sisa kompetisi.  UEFA meminta agar kompetisi bisa tetap diselesaikan sebagaimana mestinya selambatnya sampai 30 Juni 2020.

Ide play-off dan play-out memang sempat digaungkan salah satu liga top di Eropa, yakni Serie A Italia. FIGC mengusulkan adanya format play-off untuk menentukan pemenang liga dan play-out menentukan tim yang degradasi. 

Opsi ini pun mengundang pro-kontra. Dua klub terkuat favorit juara saat ini, Juventus dan Lazio, tentu bakal dirugikan dengan opsi play-off. 

Perjuangan keras dan penampilan mereka yang konsisten di liga bisa terancam sia-sia dengan satu kekalahan saja. Sementara dua klub lainnya, Inter Milan dan Atalanta, sangat diuntungkan lantaran peluang mereka untuk juara di kompetisi normal cukup kecil.