Liga Indonesia

Rekrutan Asing Persib Menggila, Pemain Lokal Baru Melempem?

Kamis, 19 Maret 2020 20:52 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung dikatakan sebagai salah satu klub Liga 1 2020 yang cukup sukses mendatangkan pemain baru pada jendela transfer kemarin. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persib Bandung dikatakan sebagai salah satu klub Liga 1 2020 yang cukup sukses mendatangkan pemain baru pada jendela transfer kemarin.

INDOSPORT.COMPersib Bandung dikatakan sebagai salah satu klub Liga 1 2020 yang cukup sukses mendatangkan pemain baru pada jendela transfer kemarin.

Bagaimana tidak, beberapa pemain anyar Persib di Liga 1 2020, khsusunya legiun asing, tampil begitu menggila pada awal musim ini. Dia adalah Wander Luiz dan Geoffrey Castillion.

Dua striker asing anyar Persib itu mampu menjadi pelumbung gol terbanyak di awal kompetisi Liga 1 2020 ini. Ini merupakan awal yang bagus bagi Persib untuk mengarungi musim ini.

Keduanya mampu mengumpulkan enam gol dari tiga pertandingan Liga 1 2020, dengan rincian empat gol dikoleksi Wander Luiz dan dua sisanya milik Castillion.

Hadirnya Wander Luiz dan Castillion membuat Persib mulai menghilangkan ‘kutukan’, di mana mereka belum pernah memiliki duet mematikan di lini serang.

Pada musim-musim sebelumnya, Persib paling tidak memiliki satu striker yang mumpuni sejak era Liga 1. Penyerang yang dimaksud adalah Ezechiel N’Douassel.

Seluruh pecinta sepak bola Indonesia tentunya setuju jika Ezechiel dinobatkan sebagai mesin gol Persib di Liga 1. Bagaimana tidak, dalam dua musim terakhir, ia mampu mencetak setidaknya 15 gol atau lebih.

Akan tetapi, Ezechiel tak punya rekan duet yang sepadan. Mungkin hanya Jonathan Bauman yang bisa sedikit menjadi rekan duet sempurna untuk Ezechiel.

Ezechiel-Bauman bisa dikatakan sebagai duet tertajam yang pernah ada untuk Persib di era Liga 1. Keduanya sepanjang Liga 1 2018 mampu menghasilkan 29 gol untuk Persib, masing-masing Ezechiel 17 gol, dan Bauman 12 gol.

Meski begitu, Wander Luiz-Castillion juga memiliki potensi untuk mendulang gol yang pernah ditorehkan Ezechiel dan Bauman. Karena Wander Luiz dan Castillion tampil menjanjikan ketimbang duet Persib di Liga 1 2018.

Hal itu bisa saja terjadi mengingat torehan Ezechiel-Bauman masih kalah dari duet Wander Luiz-Geoffrey Castillion. Karena dalam tiga laga awal Liga 1 2018, Ezechiel-Bauman hanya menorehkan tiga gol saja (Ezechiel dua gol, Bauman satu gol).

Tentunya, ekspektasi Bobotoh lebih tinggi dengan duet Wander Luiz-Castillion di Liga 1 2020. Jika keduanya terus bermain konsisten, maka bukan tidak mungkin jika duet mereka akan menjadi yang paling menakutkan di Liga 1.

Namun jika berbicara pemain baru, Persib masih memiliki dua pemain lokal yang masih belum memperlihatkan kemampuannya. Dua pemain tersebut adalah Zulham Zamrun dan Beni Oktovianto.

Zulham Zamrun dan Beni sendiri belum bisa mengambil hati pelatih Robert Rene Alberts untuk menembus skuat utama Persib. Dari keduanya, hanya Zulham yang baru diberikan menit bermain.

Akan tetapi, menit bermain yang diberikan sang pelatih untuk Zulham sangat singkat. Mantan pemain PSM Makassar tersebut hanya diberikan waktu tiga menit saat Persib mengalahkan PSS Sleman (2-1).

Situasi tersebut membuat publik tak bisa menilai apakah permainan Zulham sudah nyetel atau sebaliknya. Bahkan situs resmi Liga Indonesia mencatat jika Zulham belum melancarkan tembakan dan umpan di Liga 1 2020.

Beni sendiri juga belum bisa mencatatkan apa-apa di kompetisi Liga 1 2020, mengingat ia sampai saat ini tak diberikan izin untuk bermain. Dirinya masih kalah pamor dengan pemain-pemain lama seperti Ferbi Hariyadi dan Frets Butuan.

Jika Beni dan Zulham terus tak mendapatkan menit bermain, maka bukan tidak mungkin jika rekrutan pemain lokal anyar ini akan melempem di kompetisi Liga 1. Semua itu akan terjawab setelah musim ini berakhir.