Liga Indonesia

Digantung dan Dilepas, Intip Nasib Apes Pemain Asing Debutan Liga 1 2020

Jumat, 20 Maret 2020 09:15 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Digantungkan hingga dilepas tanpa diberi kesempatan satu laga pun, intip nasib apes pemain asing debutan di Liga 1 2020. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Digantungkan hingga dilepas tanpa diberi kesempatan satu laga pun, intip nasib apes pemain asing debutan di Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Digantungkan hingga dilepas tanpa diberi kesempatan satu laga pun, intip nasib apes pemain asing debutan di Liga 1 2020.

Pada gelaran Liga 1 2020, sejumlah tim memang melakukan kejutan dengan mendatangkan beberapa pemain asing yang belum pernah berkarier di Indonesia sebelumnya.

Di antaranya adalah Persebaya dan Persib Bandung, skuad berjuluk Bajul Ijo tersebut menggaet Mahmoud Eid sebagai juru gedor anyar sekaligus tandem David da Silva di lini depan.

Sebelumnya, Mahmoud Eid lebih banyak berkarier di Eropa namun meski baru pertama kali main di Indonesia, striker Palestina ini langsung tampil impresif. Dari dua pertandingan, ia mampu mencetak satu gol dan dua assist.

Penampilan yang tidak jauh berbeda dengan penyerang asing anyar Persib Bandung, Wander Luiz. Mantan pemain Binh Duong di Liga Vietnam itu belum pernah tampil di Indonesia, namun dari tiga pertandingan awal Liga 1 ia sukses mencetak empat gol serta dua assist.

Meski beberapa pemain asing debutan tampil impresif di Liga 1 2020, tidak sedikit dari mereka yang justru mengalami nasib sial, bahkan tersingkir sebelum kompetisi dimulai. Kisah pilu tersebut menerpa dua pemain asing Persela Lamongan serta satu penyerang Persik Kediri.

Dimulai dari Persela, dua punggawa asing anyar mereka yakni Shunsuke Nakamura dan Jasmin Mecinovic harus angkat kaki dari skuat Laskar Joko Tingkir lantaran gagal memenuhi ekspektasi pelatih.

"Pencoretan dilakukan karena performa mereka belum bisa menunjang tim. Belum sesuai harapan kami," kata pelatih Nilmaizar kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT. Rabu (11/3/20). 

Sebagai gantinya, Laskar Joko Tingkir mendatangkan Brian Ferreira mantan pemain PSS Sleman dan Marcus Vinicius Vidal ' Marquinhos' mantan pemain Badak Lampung FC.

Sayangnya, dua pemain tersebut dilepas tepat sebelum bursa transfer ditutup sehingga kecil kemungkinan keduanya dapat berkarier di Indonesia hingga pertengahan musim nanti.

Secara statistik, dua pemain asing Persela ini terbilang lumayan, terutama Shunsuke Nakamura yang cukup atraktif di lini tengah. Namun tim pelatih tampak punya penilaian lain dan merasa kemampuannya belum setara dengan pendahulunya dulu, Kei Hirose, yang hijrah ke Liga Malaysia.

Namun nasib Shunsuke Nakamura dan Jasmin Mecinovic jauh lebih baik ketimbang penyerang Persik Kediri, Patrik Bordon yang harus tersingkir bahkan saat liga belum bergulir.

Jika Shunsuke Nakamura dan Jasmin Mecinovic pernah mencatatkan caps di Liga 1 2020, Patrik Bordon malah dicoret jelang kick-off lantaran terkendala cedera.

"Patrik Bordon mengalami cedera pada ACL setelah menjalani medical check-up di rumah sakit," kata manajer tim Persik, Benny Kurniawan, melalui rilis resmi. 

Pihaknya pun segera memulangkan striker jebolan Liga Lithuania bersama FK Panevezys tersebut. Padahal, Bordon nyaris melewati semua tahap verifikasi, tapi nyatanya masih terganjal saya menjalani tes medis.