Liga Indonesia

Genap 16 Musim Berseragam Persija, Ismed Sofyan Pecahkan Rekor Bepe

Jumat, 20 Maret 2020 19:12 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Galang/INDOSPORT/Internet
Ismed Sofyan berhasil memecahkan rekor Bambang Pamungkas, pasca genap 16 musim berseragam klub Liga 1 2020, Persija Jakarta. Copyright: © Grafis: Galang/INDOSPORT/Internet
Ismed Sofyan berhasil memecahkan rekor Bambang Pamungkas, pasca genap 16 musim berseragam klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

INDOSPORT. COM - Ismed Sofyan berhasil memecahkan rekor Bambang Pamungkas, pasca genap 16 musim berseragam klub Liga 1 2020, Persija Jakarta.

Tahun terus berganti, namun Ismed Sofyan masih saja membela klub yang sama. Bek sayap kanan yang terkenal dengan akurasi sepakan bola matinya itu, menunjukkan loyalitas begitu tinggi untuk Persija Jakarta.

Ajang Liga 1 2020 resmi menjadi musim ke-16 Ismed Sofyan berkostum Persija Jakarta. Ismed hingga kini dengan setia menjalankan tanggung jawabnya sebagai pemain Macan Kemayoran, sejak pertama kali bergabung pada 1 Januari 2003 dulu.

Fakta ini sekaligus membuat Ismed mengalahkan rekor yang dimiliki legenda Persija Jakarta lainnya, Bambang Pamungkas. Semasa masih aktif bermain dulu, Bambang Pamungkas total 15 musim menjadi bagian dari skuat Persija Jakarta, dan terbagi ke dalam tiga periode, 1999-2004, 2007-2013, dan 2015-2019.

Selain Ismed Sofyan, sejatinya ada dua pemain loyal lagi yang sekarang membela Persija Jakarta, yaitu Andritany Ardhiyasa dan Ramdani Lestaluhu.

Andritany tengah menjalani musim ke-9 membela Persija Jakarta, sejak bergabung pada 2010 silam. Sementara Ramdani, saat ini mencapai musim ke-7 berseragam Macan Kemayoran.

Bila ditotal dari era Liga 1, Ismed Sofyan sudah 103 kali turun berlaga membela Persija Jakarta, menghasilkan empat gol dan 16 assists. Ismed turut menjadi bagian penting dalam keberhasilan Persija Jakarta meraih gelar juara Liga 1 2018.

Khusus membahas gelaran Liga 1 2020, ada satu tugas berbeda yang dilakoni Ismed Sofyan. Ia belakangan ditempa untuk mendapatkan ilmu kepelatihan.

Buktinya saja beberapa waktu lalu, Ismed Sofyan pergi ke Spanyol dan menimba ilmu sepak bola bersama klub Deportivo Alaves. Selama di sana, Ismed Sofyan tak hanya sekedar menjadi pemain saja, dirinya mendapatkan pula pengalaman kepelatihan.

Ismed pun telah membagikan ceritanya selama menimba ilmu sepak bola di Spanyol. Menurut Ismed, ada banyak ilmu baru yang bermanfaat dari Deportivo Alaves terkait menu latihan hingga persiapan jelang laga.

"Banyak pengalaman yang berharga kita ambil dari sini dari mereka. Dari persiapan latihan, materi latihan sampai mereka bertanding. Ini suatu hal ataupun ilmu yang sangat berharga buat bekal nantinya saat di Jakarta," ucap Ismed.

Begitulah kurang lebih penjabaran soal kiprah Ismed yang memecahkan rekor Bambang Pamungkas. Patut dinanti, bagaimana perjalanan karier Ismed di musim ke-16 berseragam Persija Jakarta, bisa juara?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%