Liga Indonesia

Unik! Pemain Persis Solo Ini Pilih Berlatih Mandiri di Area Persawahan

Jumat, 20 Maret 2020 12:37 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Unik, pemain Persis Solo, Susanto ini pilih berlatih mandiri di area persawahan. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Unik, pemain Persis Solo, Susanto ini pilih berlatih mandiri di area persawahan.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2, Persis Solo saat ini tengah meliburkan aktivitas latihan dengan memulangkan seluruh pemain.  Keputusan itu diambil berkait dengan merebaknya wabah virus Corona, plus status Kota Solo sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Meski libur, pelatih Persis Solo, Salahudin memberikan sederet pekerjaan rumah, yakni penjagaan kondisi dengan berlatih mandiri. Jika tak dilaksanakan, ada sanksi berat yang bakal diterima termasuk kemungkinan sulit masuk skuat utama.

Salah satu pemain, Susanto memiliki cara unik untuk tetap menjaga kebugaran. Dia memilih berlatih fisik secara mandiri di area persawahan milik mertuanya di Purwodadi, Jawa Tengah.

Dari video yang dikirim ke INDOSPORT, Santo terlihat beberapa kali sprint di tengah sawah yang penuh lumpur. Area persawahan itu baru saja memasuki musim panen dan masih terlihat sisa-sisa potongan padi.

Pakaian penuh lumpur seakan tak dihiraukan pemain yang bisa berposisi sebagai stopper maupun gelandang bertahan tersebut. Susanto terlihat fokus menjalankan latihan uniknya tersebut demi menjaga kebugaran.

"Sudah dua hari ini mas latihan di persawahan mertua. Intinya memanfaatkan alam yang ada. Lumayan latihan di tanah berat bisa untuk melatih strenght dan kecepatan juga," ungkap Santo kepada INDOSPORT, Jumat (20/03/20).

Dia menjelaskan, ada beberapa metode latihan yang dijalani mulai lari jarak 50 meter sebanyak 20 kali, hingga lari bolak-balik 4x5 set. Selain itu, mantan pemain Persipur Purwodadi tersebut juga bersepeda sebagai penyeimbang latihan.

"Tapi tetap kalau sore juga latihan dengan bola, sekalian melatih anak-anak di sini untuk persiapan turnamen Askab Purwodadi. Minggu nanti rencana ikut tim gowes daerah saya," ujar dia.