Liga Indonesia

Bangga! Jersey Timnas Indonesia Buatan Asli Produk Anak Bangsa

Sabtu, 21 Maret 2020 07:59 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bangga! Jersey Timnas Indonesia Produk Anak Bangsa Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bangga! Jersey Timnas Indonesia Produk Anak Bangsa

INDOSPORT.COM - PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia telah membuat gebrakan baru, yakni pembuatan jersey Timnas Indonesia menggunakan produk anak bangsa.

Jersey atau apparel Tim Nasional Indonesia kini dalam pembuatannya diserahkan kepada produk dalam negeri, hasil karya anak bangsa.

Dalam pengambilan keputusan ini, kita boleh berbangga, bahwasannya semua jersey turunan dari tim Garuda tidak menggunakan produk asal Amerika atau Eropa. Bukan pula produk negara tetangga yang semula ramai dikabarkan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memilih Mills, sebagai produk jersey yang akan dibuat dari pabrik di Tangerang, Banten.

Menurut jendral bintang tiga ini, ada beberapa hal yang membuatnya mengambil keputusan itu.

“Pertama, keputusan memilih produksi dalam negeri untuk jersey dan seluruh apparel tim nasional diambil karena PSSI mendukung arahan Presiden Jokowi,” kata Iriawan di situs resmi PSSI.

Pria kelahiran 31 Maret 1962 itu menambahkan, Presiden Jokowi sudah memerintahkan agar kita menggalakkan produk-produk lokal, hasil karya anak bangsa, yang sesungguhnya kualitasnya tidak kalah dengan produk serupa dari luar negeri.

“Dengan memilih hasil karya anak negeri, otomatis pula akan menggerakkan usaha kecil dan menengah, serta membuka lapangan kerja bagi saudara-saudara kita di lokasi pabrik tempat perusahaan itu berada,” tegasnya.

Selain itu, keputusan ini juga akan membuat kita semakin bangga dan percaya diri bahwa hasil karya anak negeri akan dikenal secara luas mendunia, terutama saat timnas kita berlaga di ajang internasional.

Di sinilah nanti, Febri Haryadi, Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri, Nadeo Argawinata, Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, Komang Tri Arta, Alexandro Felix Kamuru dan kawan-kawan akan bertarung dengan kepala tegak.

Tampil di ajang AFF, Piala Asia, Pra Piala Dunia maupun Piala dunia U-20 2021 tahun depan dengan penuh percaya diri, bahwa produk Indonesia bisa sejajar dengan produksi bangsa-bangsa lain.