Liga Indonesia

Mengingat Ketajaman Ekene Ikenwa, Bomber Persib yang Cetak 13 Gol Hanya dari 5 Laga

Sabtu, 21 Maret 2020 19:41 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Ekene Ikenwa pernah menjadi penyerang Persib Bandung yang begitu mengejutkan sepak bola Indonesia, jauh sebelum keberadaan Wander Luiz saat ini di Liga 1 2020.

Sebagai salah satu klub besar di Liga Indonesia, Persib Bandung selalu mampu mendatangkan pemain-pemain bintang. Khususnya mereka yang kemudian menjadi andalan di lini depan.

Namun dari sekian banyaknya nama pemain depan itu, ada satu yang menarik. Bahkan mungkin sulit untuk dilupakan Bobotoh hingga saat ini, yakni penyerang asal Nigeria, Ekene Ikenwa.

Nama Ekene Ikenwa pernah menjadi andalan Persib Bandung ketika mengarungi Liga Indonesia tahun 2005. Diberi nomor punggung 10, Ekene Ikenwa yang didatangkan dari Persik Kediri itu pun langsung bisa menjawab tugasnya untuk mencetak gol.

Meski tak bagus-bagus amat secara jumlah, menjadi sangat spesial buat Persib Bandung karena saat itu di Liga Indonesia 2005, Ekene Ikenwa bisa mencetak total 13 gol hanya dari lima pertandingan.

Total 13 gol yang dicetak Ekene Ikenwa saat itu terbagi dalam satu kuatrick (vs PSDS Deli Serdang), dua Hattrick (Semen Padang dan Deltras Sidoarjo), dua gol (Persikota Tangerang) dan satu gol lainnya melengkapi.

Apa yang dicatatkan Ekene Ikenwa saat ini memang merupakan hal yang spesial buat Persib Bandung. Sebab untuk pertama kalinya kala itu, mereka akhirnya kembali bisa memiliki pemain yang sukses menorehkan dua digit gol dalam semusim, menyamai apa yang ditorehkan Sutioono Lamso (21 gol) dan Imral Usman (10 gol).

Terlebih ketika bisa mencatatkan hattrick sebanyak tiga kali dalam hanya semusim. Catatan itu membuat Ekene Ikenwa menjadi pemain keempat di era Liga Indonesia saat itu yang bisa melakukan hal tersebut. Setelah apa yang dilakukan Jacksen F.Tiago (Persebaya 1996/97), Bamidelle Bob Manuel (Persik 2003), dan Oscar Aravena (PSM Makassar 2003).

Sayang memang dengan catatan menariknya itu sebagai penyeran tak mampu membuat nama Ekene Ikenwa bertahan lama di Persib Bandung. Dirinya sudah harus angkat kaki ke Persekapas Pasuruan di musim 2007, setelah mencatatkan 26 caps bersama Pangeran Biru.

Namun dengan apa yang disumbangkannya ketika berseragam Persib Bandung saat itu, tak bisa ditampik bahwa nama pemain kelahiran Lagos 14 September 1977 tersebut masih akan terus dikenang sebagai salah satu penyerang hebat yang pernah menjadi idola Bobotoh.