Liga Inggris

Bukan Aguero, Ini Dia Calon Kapten Manchester City Musim Depan

Minggu, 22 Maret 2020 20:47 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bakal hengkangnya gelandang senior, David Silva, pada akhir musim ini membuat Manchester City harus mencari kapten baru untuk musim depan. Para penggemar The Citizens pun melontarkan opsi menarik kepada manajer Pep Guardiola.

David Silva resmi ditunjuk sebagai kapten Manchester City musim ini usai kepergian Vincent Kompany yang memilih hengkang ke Anderlech pada awal musim. Namun, pemain asal Spanyol ini pun hanya akan memegang jabatan tersebut pada waktu yang singkat.

Silva telah memastikan akan meninggalkan Etihad Stadium ketika kontraknya habis pada akhir musim ini. Situasi tersebut memaksa manajer Pep Guardiola memilih sosok pemimpin baru untuk skuat asuhannya.

Meski masa jabatannya singkat, tapi Silva telah mengangkat trofi pertamanya sebagai kapten Manchester City pada Februari lalu ketika The Citizens menjuarai Piala Liga untuk ketiga kali beruntun.

Sementar itu, Guardiola memiliki banyak pilihan mengingat skuat City dipenuhi sosok-sosok berpengalaman dan berjiwa pemimpin. Musim ini, posisi wakil kapten dipegang oleh Fernandinho. Penyerang senior Sergio Aguero juga beberapa kali menjadi kapten ketika keduanya tidak tampil di lapangan.

Namun, dalam polling yang dilakukan oleh Manchester Evening News, kedua pemain senior tersebut ternyata tidak diunggulkan para suporter City untuk menjadi kapten baru. Mayoritas penggemar justru menjagokan gelandang kreatif Kevin de Bruyne dengan presentase yang begitu besar, 73,6 %.

Hasil ini pun dinilai unik karena meskipun de Bruyne bisa dibilang pemain terbaik mereka musim ini dan salah satu pemain senior, namun bintang Belgia tersebut bukanlah sosok vokal di ruang ganti.

Masa baktinya di City pun masih kalah jika dibandingkan dengan Aguero dan Fernandinho. De Bruyne baru 5 tahun di City sementara Aguero 9 tahun dan Fernandinho 7 tahun.

Namun,de Bruyne dinilai bakal menjadi sosok yang tepat jika Pep Guardiola membutuhkan sosok yang bisa memimpin melalui tindakan nyata di atas lapangan. De Bruyne sendiri tampil gemilang musim ini dengan mencatat 9 gol dan 20 assist dari 35 penampilan.