In-depth

Profil FC Utrecht, Penghasil Erik ten Hag dan Dirk Kuyt yang Jatuh Cinta dengan Marc Klok

Minggu, 22 Maret 2020 14:02 WIB
Editor: Coro Mountana
© Amanda/INDOSPORT
Profil FC Utrecht, Penghasil Erik ten Hag dan Dirk Kuyt yang Jatuh Cinta dengan Marc Klok. Copyright: © Amanda/INDOSPORT
Profil FC Utrecht, Penghasil Erik ten Hag dan Dirk Kuyt yang Jatuh Cinta dengan Marc Klok.

INDOSPORT.COM – FC Utrecht, belakangan ini sering disebut-sebut dalam pemberitaan mengenai sepak bola Indonesia karena sorotannya kepada Marc Klok, berikut profil klubnya.

Meskipun telah resmi bergabung dengan Persija Jakarta di musim ini untuk Liga 1 2020, ternyata pesona Marc Klok masih begitu memikat. Bagaimana tidak, klub lamanya, yaitu FC Utrecht yang berada di Belanda ternyata masih memantau perkembangannya.

"Kali ini, kami ingin menyoroti Marc Klok di Instagram. Mantan pemain FC Utrecht ini baru saja mendapat kehormatan yang sangat spesial dengan secara pribadi menyambut Yang Mulia Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima di Kedutaan Besar Belanda di Indonesia," tulis FC Utrecht di media sosialnya.

"Senang melihat Anda berakrier bagus di Indonesia, Marc!" tutup FC Utrecht, tidak lupa menyajikan tagar #persija dan #persijajakarta.

Sontak unggahan itu pun memunculkan rumor kalau Utrecht berniat memulangkan salah satu produk aslinya itu ke Belanda. Untuk itu, menarik untuk kita mengenal lebih dalam FC Utrecht, klub penghasil Erik ten Hag dan Dirk Kuyt yang jatuh cinta dengan Marc Klok.

Profil FC Utrecht

FC Utrecht sejatinya baru berdiri pada tahun 1970 setelah menggabungkan tiga klub yaitu VV DOS, USV Elinkwijk dan Velox. Sepanjang perjalanannya, FC Utrecht telah berkembang menjadi salah satu tim kuda hitam di luar 3 tim raksasa Belanda seperti Ajax Amsterdam, Feyenoord dan PSV Eindhoven.

Meski terbilang klub baru, Utrecht ternyata pernah memenangi 3 Piala KNVB Belanda dan sekali Johan Cruijff Shield. Uniknya gelar Johan Cruijff Shield menjadikan Utrecht sebagai satu-satunya tim di luar tiga raksasa Belanda yang bisa menang.

Selain itu, Utrecht juga kembali menjadi satu-satunya klub di luar 3 raksasa Belanda yang tidak pernah terdegradasi. Berbagai pencapaian itu jelas membuat Utrecht tak bisa diremehkan apalagi saat ini mereka menempati posisi keenam di Liga Belanda.

Selain berprestasi, FC Utrecht juga tercatat sebagai salah satu klub penghasil sejumlah pemain bintang berbakat. Salah satunya adalah Erik ten Hag yang saat ini menjadi pelatih Ajax Amsterdam dengan sempat membawa tim Belanda itu ke semifinal Liga Champions musim lalu.

Meskipun Erik ten Hag bukan berasal dari akademi Utrecht, tapi ia sempat bermain dan merasakan didikan klub itu pada 1995-1996. Berposisi sebagai bek tengah telah membentuk mentalnya untuk menjadi seorang pelatih berkelas di masa depan.

Ternyata sebelum ia meraih kesuksessan di Ajax, Erik ten Hag sempat menjadi pelatih di Utrecht pada 2015-2017. Berkat kerja bagus dan pengalamannya di Utrecht, Erik ten Hag pun langsung dipinang oleh Ajax Amsterdam.

© INDOSPORT
Erik Ten Hag, pelatih Ajax Amsterdam. Copyright: INDOSPORTErik Ten Hag, pelatih Ajax Amsterdam.

Selain Erik ten Hag, Utrecht juga pernah menempa salah satu bintang Liverpool yaitu Dirk Kuyt yang sangat terkenal di Belanda. Sebelum Kuyt menjadi bintang Liverpool, ternyata sinar kehebatan Kuyt telah ditempa di Utrecht pada 1998-2003.

Bahkan Kuyt masuk dalam salah satu pencetak gol terbanyak FC Utrecht sehingga membuatnya begitu dikenang di sana. Terakhir, jangan lupakan Marc Klok yang ternyata merupakan produk asli akademi FC Utrecht.

Sama seperti Erik ten Hag dan Dirk Kuyt, Marc Klok juga belajar banyak di FC Utrecht sehingga membuatnya mampu bersinar di PSM Makassar sebelum kini pindah ke Persija Jakarta. Kini, Marc Klok dalam sorotan FC Utrecht, bagaimana sikap Persija Jakarta?