Liga Inggris

Ini Dia 5 Pemain dengan Debut Terbaik di Liga Inggris

Minggu, 22 Maret 2020 21:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Catherine Ivill/Getty Images
Berikut ini lima pemain yang memiliki debut sukses di kasta pertama Liga Inggris. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Berikut ini lima pemain yang memiliki debut sukses di kasta pertama Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Kasta teratas Liga Inggris dikatakan sebagai salah satu yang terberat dalam sepak bola dunia karena fisiknya, sehingga sering membuat para pemain debutan kewalahan.

Permainan Liga Inggris berhasil menarik jumlah pemirsa sepak bola terbanyak karena gaya permainan keras dan fisiknya. Hak siar dan kesepakatan TV yang menguntungkan juga telah menambah kekuatan kompetisi ini.

Oleh karena itu, sering kali menjadi sangat sulit bagi para pemain debutan untuk membuat dampak langsung di liga yang sangat keras. Namun tak sedikit yang tampil luar biasa sejak awal liga pada tahun 1993. Siapa saja mereka?

1. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy menjadi fenomena hanya pada musim pertamanya di Inggris. Pemain asal Belanda itu tiba di Old Trafford pada musim panas 2001. Walaupun gagal membawa The Red Devils meraih gelar liga empat kali berturut-turut, ia berhasil mengantongi penghargaan pemain terbaik PFA pada tahun pertamanya.

Ruud van Nistelrooy u tetap menjadi salah satu penyerang paling mematikan yang pernah ada di Liga Inggris saat ia mencetak 95 gol hanya dalam 150 penampilan untuk Setan Merah.

Namun, banyak yang setuju bahwa musim pertamanya yang luar biasa di sepak bola Inggris meletakkan dasar di mana ia membangun status legendanya.

2. Petr Cech

Legenda Chelsea, Petr Cech, adalah salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah Liga Inggris karena prestasinya yang tak tertandingi di negara tersebut. Cech tiba di Stamford Bridge dari klub Prancis, Rennes, menjelang musim 2004-2005.

Ia pun segera dimasukkan ke skuat tim utama menyusul cedera kiper pertama the Blues pada waktu itu, Carlo Cudicini.

Cech menjaga clean sheet pada debutnya melawan Manchester United. The Blues asuhan Jose Mourinho mengangkat gelar Liga Inggris pertama mereka sejak hampir 50 tahun. 

3. Fernando Torres

Sering dinodai oleh stop-start kedudukannya di Chelsea, Fernando Torres menjadi superstar instan ketika ia tiba di Liga Inggris untuk pertama kalinya pada tahun 2007. Pemain Spanyol itu didatangkan oleh Liverpool dari klub berkelas Spanyol, Atletico Madrid.

Mengenakan jersey nomor 9 yang didambakan, yang sebelumnya dikenakan oleh bintang besar Anfield, Ian Rush dan Robbie Fowler, Fernando Torres mencuri hati dengan kemampuannya mencetak gol yang elite.

Sang penyerang mencetak 24 gol dan memberikan 4 assist lagi dalam pertandingan Liga Inggris pertamanya.Dia dinobatkan sebagai salah satu striker hebat Liga Inggris sepanjang masa.

4. Sergio Aguero

Ketika Manchester City mengontrak Sergio Aguero untuk rekor klub saat itu (38 juta pounds), tidak banyak yang terkesan. Pemain depan Argentina itu melakukan keajaiban di papan atas Spanyol, namun muncul pertanyaan apakah ia bisa beradaptasi dengan permainan Inggris. 

Namun, Aguero membungkam semua kritikus hanya dalam pertandingan Liga Inggris pertamanya saat ia mencetak dua gol, berawal dari bangku cadangan.

Ia mencetak hattrick melawan Wigan pada musim debutnya, sementara juga mencetak gol-gol penting melawan Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester United, dan Liverpool dalam perjalanan awal debutnya.

5. N’Golo Kante

Kemenangan Leicester City pada musim 2015-2016 tak lepas dari duo mereka yaitu Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. The Foxes mencapai hal yang tak terpikirkan ketika mereka mengalahkan tim-tim elite Inggris.

Mereka mengangkat gelar domestik pertama di bawah besutan Claudio Ranieri. Adalah gelandang N 'Golo Kante yang sebagian besar bertanggung jawab atas lonjakan supremasi Leicester City.

Pemain berusia 28 tahun itu ditandatangani dari klub Prancis, Caen, pada musim panas 2015. Kante adalah pemenang bola alami, pencegat, dan pemain tekel. Dia adalah penekan bola yang brilian, yang tugas utamanya adalah mengganggu aliran dan ritme lawan.

Gelandang kecil ini adalah pemimpin dalam lima kontribusi gol di Liga Inggris musim itu, bahkan dari peran gelandang bertahan. Kepahlawanannya dengan Leicester menghasilkan kepindahan senilai 32 juta pounds ke Chelsea pada musim berikutnya dan berhasil mengangkat gelar Liga Inggris lagi.

Penulis: Hafiz Rizky Pratama