Bola Internasional

Seperti di Jawa Barat, Deretan Stadion Ini Bakal Dijadikan Tempat Tes Corona

Minggu, 22 Maret 2020 18:50 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AArif Rahman/INDOSPORT
Sama persis seperti di Jawa Barat, ada sejumlah stadion lainnya yang juga dijadikan tempat menggelar tes corona. Copyright: © AArif Rahman/INDOSPORT
Sama persis seperti di Jawa Barat, ada sejumlah stadion lainnya yang juga dijadikan tempat menggelar tes corona.

INDOSPORT. COM - Sama persis seperti di Jawa Barat, ada sejumlah stadion lainnya yang juga dijadikan tempat menggelar tes corona.

Sepak bola tampak mengambil peran dalam upaya melawan pandemi virus corona. Sepak bola Indonesia misalnya, yang menyumbangkan tiga stadion untuk menggelar tes corona massal.

Tiga stadion yang dimaksudkan kesemuanya berada di Jawa Barat, yakni Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi, Stadion Pakansari Cibinong-Bogor, dan Stadion Si Jalak Harupat Bandung. 

Instruksi penggunaan ketiga stadion itu turun langsung dari mandat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tes virus corona massal rencananya digelar Pemprov Jawa Barat pada Selasa (24/03/20) esok.

Praktek penggunaan stadion untuk tes corona massal, sejatinya bukan hanya di Jawa Barat saja. Beberapa stadion di beberapa negara lain turut dipakai untuk kegiatan serupa.

Lalu, stadion mana saja yang dipakai untuk tes corona massal itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut.

Stadion-stadion di Brasil

Sejumlah klub Liga Brasil, menawarkan diri secara langsung kepada pemerintah setempat, agar stadion mereka dipakai untuk merawat pasien penderita virus corona. Setidaknya sudah ada tiga nama klub yang mencuat ke permukaan, yaitu Bahia, Athletico Paranaense, dan Sao Paulo.

Bahia mempunyai stadion tempat latihan tim yang bisa dipakai pemerintah untuk penanganan para pasien virus corona. Bahia bahkan memberikan fasilitas tiga paviliun dengan isi 28 ruangan yang dapat dimanfaatkan pula.

Athletico Paranaense menawarkan stadion dan tempat latihan mereka yang dahulu pernah dijadikan venue Piala Dunia 2014. Sementara Sao Paulo, dengan senang hati memperbolehkan pemerintah Brasil apabila mau menggunakan fasilitas-fasilitas tim, termasuk Stadion Morumbi.

Penyebaran virus corona di Brasil memang sudah cukup parah. Sejauh ini pemerintah Brasil mencatat ada 621 kasus positif virus corona, yang enam di antaranya berakhir meninggal dunia.


Stadion Baseball di Amerika Serikat

Bukan hanya sepak bola yang mengambil peran di dalam upaya melawan virus corona. Cabang olahraga baseball tak mau ketinggalan memberikan sumbangsihnya.

Seperti di Amerika Serikat sana, ada sebuah stadion baseball, Lake Elsinore Diamond, California, yang dipakai untuk menggelar tes virus corona massal.

Berdasarkan laporan Los Angeles Times, penggunaan stadion baseball Lake Elsinore Diamond dijadwalkan pada dua hari, yakni Sabtu (21/03/20) dan Minggu (22/03/20).

Hard Rock Stadium

Amerika Serikat punya satu lagi stadion yang dipakai untuk menggelar tes corona massal, yakni Hard Rock Stadium. Sekedar informasi, Hard Rock Stadium merupakan venue yang biasa menjadi markas dua tim American Football, Miami Dolphins dan Miami Hurricanes.

Berdasarkan laporan Local10, pemerintah setempat telah berbicara dengan petinggi Miami Dolphins tentang penggunaan Hard Rock Stadium. Petinggi Miami Dolphins pun mempersilahkan para tenaga medis dan pasien virus corona memakai area parkir Hard Rock Stadium.