Bola Internasional

Gara-gara Virus Corona, Pecinta Sepak Bola Bakal Berpesta di 2021

Selasa, 24 Maret 2020 15:16 WIB
Editor: Coro Mountana
© PA
Gara-gara Virus Corona, Pecinta Sepak Bola Bakal Berpesta di 2021. Copyright: © PA
Gara-gara Virus Corona, Pecinta Sepak Bola Bakal Berpesta di 2021.

INDOSPORT.COM – Akibat wabah virus corona, para pecinta sepak bola bakal berpesta pada tahun 2021 mendatang, bagaimana bisa?

Tidak ada yang menyangka kalau wabah virus corona yang awalnya berasal dari Wuhan, China ternyata telah menyebabkan heboh satu dunia. Penyebaran yang terjadi tak kurang dari 4 bulan telah membuat wabah virus corona menjadi pandemi dunia.

Akibatnya, sejumlah kompetisi sepak bola bergengsi seperti Liga Inggris, Serie A Italia, LaLiga Spanyol, Liga Champions, Liga Europa, Euro 2020, Copa America 2020, Liga 1, hingga Olimpiade 2020 (masih rencana ditunda) harus ditunda.

Para pecinta sepak bola lah yang paling merana dalam situasi ini karena kehilangan hiburan dan tontonan yang bisa melepaskan rasa penat setelah seharian bekerja. Tapi jika mau berpikir positif, virus corona justru membuat para pecinta sepak bola bakal berpesta di tahun 2021.

Euro 2021

Salah satu alasannya adalah kehadiran Euro 2021 yang semestinya digelar Juni tahun ini. Akibat virus corona, UEFA terpaksa harus menunda kompetisi yang belum diberi nama resmi itu ke 12 Juni hingga 12 Juli 2021.

Dalam pesta sepak bola terbesar di Eropa itu, UEFA telah menetapkan 11 stadion yaitu Allianz Arena, Olimpico, Olimpiade Azerbaizan, Kestovsky, Puskas Arena, Johan Cruyff Arena, Arena Nationala, Hampden Park, Aviva, Wembley, San Mames dan Parken.

Sebanyak 24 tim terbaik Eropa akan beradu dalam ajang Euro 2021 dengan menyuguhkan pertandingan sepak bola kelas satu bagi para penikmatnya di tahun depan.

Copa America 2021

Tak hanya Euro, para pecinta sepak bola juga bisa menikmati ajang terbesar di Amerika Selatan yaitu Copa America 2021. Seyogyanya, Copa America juga dilangsungkan tahun ini tapi gara-gara corona, terpaksa harus diundur juga.

"Setelah analisis terperinci tentang situasi virus corona (COVID-19), dan rekomendasi organisasi internasional di bidang kesehatan masyarakat agar ada tindakan pencegahan ekstrim, CONMEBOL mengumumkan penundaan Copa América edisi ke-47 menjadil pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021," keterangan di situs web resmi CONMEBOL.

Ajang sepak bola yang mempertemukan para talenta terbaik di Amerika latin seperti Neymar dan Lionel Messi pasti akan menjadi tontonan menarik. Berbeda dengan Euro yang lebih banyak mempertontonkan adu taktis antar Negara, Copa America menyajikan duel skill aduhai ala Neymar dan Messi. 

Olimpiade 2020

Terakhir, ajang yang sebenarnya belum diresmikan bakal ditunda tetapi tampaknya sangat kecil kemungkinan jika tetap dilanjutkan yaitu Olimpiade 2020. Anggota dari Komite Olimpiade Internasional saja sudah menyatakan keraguannya tahun ini ada Olimpiade.

Jika itu terjadi, maka akan semakin menambah ajang sepak bola bergengsi yang akan diselenggarakan di tahun 2021, yaitu Euro, Olimpiade dan Copa America. Tapi tentu itu semua bisa kita nikmati setelah wabah virus corona itu segera berakhir.