Liga Inggris

Birmingham FC, Klub Pertama yang Memotong Gaji Pemain

Rabu, 25 Maret 2020 17:21 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nathan Stirk/Getty Images
Klub Liga Inggris, Birmingham FC. Copyright: © Nathan Stirk/Getty Images
Klub Liga Inggris, Birmingham FC.

INDOSPORT.COM - Birmingham FC merupakan Klub sepak bola pertama yang memotong gaji pemainnya selama empat bulan ke depan di tengah pandemi virus corona.

Birmingham FC merupakan klub sepak bola dari kasta kedua liga Inggris. Klub yang memiliki julukan Blues ini akhirnya memutuskan untuk memotong gaji pemainnya di tengah pandemi virus corona.

Hal ini disampaikan saat Blues mengirim email kepada agen untuk membantu mereka dalam permasalahan ini.

“Mengingat keadaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, kami sebagai klub sepak bola untuk meminta persetujuan Anda dalam pengurangan upah jangka pendek untuk membantu klub agar bisa berjalan normal di situasi seperti ini,” tulis emali Birmingham kepada agen.

Semua pemain yang rata-rata berpenghasilan lebih dari Rp90 juta per minggu telah diminta untuk memotong 50 persen gaji mereka selama empat bulan ke depan di tengah pandemi corona virus.

Semua gajinya akan dibayarkan kembali secara bertahap ketika musim ini sudah dimulai kembali pada 30 April mendatang.

Meskipun mendapatkan beberapa penolakan dari berbagai klub, Birmingham FC tetap melakukan hal tersebut dikarenakan keuangan klub saat ini sedang mengalami penurunan di tengah wabah virus corona.

Saat ini, federasi sepak bola Inggris (FA) secara resmi menunda semua bentuk pertandingan sepak bola paling lambat 30 April 2020 mendatang disebabkan pandemi virus corona yang semakin masif di Inggris.