Bola Internasional

Menelusuri Darah Thailand Elkan Baggott yang Jadi Perebutan 2 Negara

Rabu, 25 Maret 2020 13:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Menelusuri darah Thailand dalam diri Elkan Baggott, salah satu wonderkid dari Liga Inggris yang kini diperebutkan dua negara ASEAN.

Baru-baru ini, nama Elkan Baggott yang memiliki darah Indonesia mendadak menjadi ramai di dunia maya. Sebab, salah satu media Thailand, Thethao, menyebutkan bahwa Negeri Gajah Putih juga menginginkan jasa sang pemain.

Elkan Baggott sendiri dalam beberapa kesempatan memang menyatakan niat untuk membela timnas Indonesia, bahkan pemain dari Ipswich ini sempat mendapat panggilan dari skuat Garuda untuk mengikuti pemusatan latihan.

Sayang, cedera yang membekapnya beberapa waktu lalu membuat impian Elkan Baggot memperkuat timnas Indonesia harus tertunda.

Sempat digadang-gadang bakal menjadi tumpuan pertahanan timnas Indonesia, belakangan timnas Thailand dikabarkan ikut memantau perkembangan Elkan bahkan ikut berniat menggunakan jasanya.

Dari penuturan Elkan Baggot, kedua orangtuanya tidak memiliki darah Thailand bahkan sang ibu dijelaskannya merupakan warga negara Indonesia asli.

Lantas dari mana garis keturunan Thailand milik Elkan Baggot? Serta apa yang menjadi dasar federasi sepak bola Thailand berani memanggil Elkan dan bersaing dengan PSSI untuk mendapatkan Elkan Baggott?

Berikut INDOSPORT coba merangkum dan menelusuri, silsilah darah Thailand dalam diri Elkan Baggott yang hingga menjadi rebutan dua negara ASEAN.

Secara eksklusif kepada INDOSPORT, pemain berpostur tubuh 1,94 meter tersebut mengaku jika dirinya sama sekali tidak memiliki darah Thailand, termasuk dari kedua orang tuanya.

Namun, Elkan Baggott mengaku lahir di Thailand dan sempat tinggal beberapa tahun di Bangkok sebelum akhirnya pindah ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

"Saya tidak punya darah Thailand tapi saya lahir di Bangkok. Harus dijelaskan, setelah saya lahir di Thailand, saya tinggal di Bangkok selama lima tahun sebelum akhirnya pindah ke Indonesia dan bersekolah di British School Jakarta," ucap Elkan Baggot..

Lebih lanjut, Elkan menjelaskan jika hanya ada darah Inggris dan Indonesia dalam dirinya namun tidak memungkiri jika Thailand menjadi tanah kelahirannya serta lebih lama berada di Bangkok ketimbang Jakarta.

"Ibuku dari Jakarta dan ayahku dari Inggris jadi aku memiliki darah Indonesia. Saya pernah tinggal di Jakarta sampai saya berusia 9 tahun, kemudian pindah ke Inggris untuk meraih mimpi bermain di Liga Inggris."

"Ya satu-satunya darah dalam diri saya adalah Inggris dan Indonesia, tetapi saya tinggal di Thailand lebih lama dari Indonesia dan itu faktanya," tutup Elkan Baggot.

Performa Elkan Baggot di Liga Inggris bersama Ipswich Town terbilang cukup impresif dengan keberhasilan menjuarai Hospital Cup usai mengalahkan tim sekaliber Manchester United dan Tottenham Hotspur. Performa sang wonderkid selama di Inggris ternyata juga dapat pujian dari pelatih.

“Elkan memiliki fisik yang bagus. Dia tenang dalam menguasai bola tetapi tidak takut untuk mempertahankan (area) saat diperlukan. Kuat dan dinamis. Dia berkembang sepanjang waktu sebagai bek,” ujar sang pelatih Ipswich U-18 dilansir East Anglian.

Dengan usia yang sangat belia serta penampilan sangat memuaskan di Liga Inggris, tidak mengherankan jika Elkan Baggot kini menjadi permata yang diperebutkan dua raksasa sepak bola ASEAN.