Liga Indonesia

Pandemi Corona, Kiper Legendaris Indonesia Pusatkan Ibadah Nyepi di Rumah

Rabu, 25 Maret 2020 13:49 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Mantan kiper Timnas Indonesia, I Komang Putra yang ditunjuk sebagai pelatih kiper PSIS Semarang. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Mantan kiper Timnas Indonesia, I Komang Putra yang ditunjuk sebagai pelatih kiper PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM – Hari Raya Nyepi adalah hari raya bagi umat beragama Hindu di Indonesia. Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 kali ini jatuh di tanggal 25 Maret 2020.

Seluruh umat beragama Hindu mulai dari kalangan pejabat, pegiat olahraga hingga masyarakat umum pasti melaksanakan ibadah di Hari Raya Nyepi. Tak terkecuali bagi kiper legendaris Timnas Indonesia yakni I Komang Putra.

Pelatih kiper PSIS Semarang ini juga merayakan Nyepi di tengah pandemi virus Corona yang melanda Indonesia. Pria yang kerap disapa IKP ini juga menuturkan bahwa perayaan Nyepi kali ini membuat dia cukup beribadah dari rumah.

“Di tengah wabah Corona seperti ini, dalam doa kami di Hari Raya Nyepi kali ini juga diselipkan semoga situasi di Indonesia kembali normal seperti semula. Kami sekeluarga juga tidak bisa ibadah di Pura untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur I Komang Putra.

Pria asal Bali ini merayakan Hari Raya Nyepi kali ini dengan berdiam diri di kediamannya yang terletak di Kota Solo. Menurut IKP, berdiam diri di rumah memiliki arti tersendiri untuk dirinya tentang kehidupan.

“Nyepi bagi saya berguna untuk refleksi diri, mana yang kurang dan mana yang harus selalu diperbaiki ke depannya,” papar IKP.

Hari Raya Nyepi di tahun 2020 kali ini juga menjadi Nyepi kedua bagi dirinya setelah ditunjuk menjadi pelatih kiper PSIS. Sebelumnya ia menjadi pelatih kiper di Persis Solo yang notabene klub asal kota ia berdomisili saat ini.