Bola Internasional

3 Bintang Timnas Indonesia yang Terancam Jika Navarone Foor Dinaturalisasi

Kamis, 26 Maret 2020 08:40 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
3 Bintang Timnas Indonesia yang Terancam Jika Navarone Foor Dinaturalisasi. Copyright: © INDOSPORT
3 Bintang Timnas Indonesia yang Terancam Jika Navarone Foor Dinaturalisasi.

INDOSPORT.COM – Kehadiran Navarone Foor sebagai calon pemain naturalisasi setidaknya bakal mengancam posisi dari ketiga bintang Timnas Indonesia berikut ini.

Pemain berkebangsaan Belanda bernama Navarone Foor dikabarkan menaruh minat untuk dinaturalisasi dan bermain untuk Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh sepupu Navarone di Toraja, Arteis Lolo Tarukallo.

“Dia (Navarone) juga senang kalau diberi kesempatan untuk membela Merah-Putih melalui Timnas Indonesia Senior,” ujarnya seperti dilansir dari situs karebatoraja.com.

Navarone Foor sendiri diketahui memiliki kakek dan nenek asli Indonesia yaitu Toraja Utara dan Maluku Tenggara. Sedangkan sang ayah yang bernama Junis Navarone akhirnya menikahi ibunya, yaitu Mathilda dan kemudian lahirlah Navarone Foor.

Memiliki garis keturunan Indonesia membuat Navarone Foor membuka kesempatan jika dinaturalisasi nantinya. Andai Navarone Foor benar-benar dinaturalisasi dari Belanda, setidaknya, bakal ada 3 bintang Timnas Indonesia yang terancam posisinya saat ini.

Stefano Lilipaly

Pertama adalah Stefano Lilipaly yang selama kualifikasi Piala Dunia 2022 bermain begitu buruk dengan Timnas Indonesia. Penurunan peforma Lilipaly berdampak pada Timnas Indonesia yang minim kreatifitas kala bertanding di kualifikasi Piala Dunia.

Melihat posisi Navarone Foor yang bisa memerankan tempat Stefano Lilipaly sebagai gelandang serang, jelas itu sebuah ancaman nyata. Apalagi jika melihat Lilipaly yang hanya bermain di kompetisi kasta kedua Liga Belanda, jelas kalah mentereng dengan Navarone.

Pasalnya, Navarone Foor diketahui sempat mencicipi kompetisi kasta teratas Liga Belanda bersama Vitesse Arnhem dan NEC Nijmegen. Bersama Vitesse, Navarone bisa mencetak 14 gol dan 15 assists, sedangkan di Nijmegen ia mampu bukukan 17 gol dan 27 assists.

Evan Dimas

© Instagram.com/evandimas
Evan Dimas saat berseragam Timnas Indonesia. Copyright: Instagram.com/evandimasEvan Dimas saat berseragam Timnas Indonesia.

Tak hanya piawai memainkan posisi gelandang serang, Navarone Foor juga piawai jika harus berada di gelandang tengah. Jika mengacu pada posisi itu, jelas Evan Dimas adalah pemain yang bisa terancam dengan kedatangan Navarone Foor.

Evan Dimas sebenarnya adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia sayangnya itu belum pernah ia tunjukkan di tim senior. Selama ini, Evan Dimas dikenal sebagai motor tim bagi Timnas Indonesia U-19 dan U-23.

Sedangkan bersama Timnas Indonesia, tampak gaya main Evan Dimas yang biasanya mirip dengan Xavi Hernandez kurang begitu terlihat. Kedatangan Navarone Foor yang kaya akan pengalaman jelas bisa menyingkirkan Evan Dimas dari tempat utama.

Andik Vermansah

© AFC
Andik Vermansah (kanan) tengah berebut bola dengan Ali Salmeen (kiri) pada laga UEA vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/19). Copyright: AFCAndik Vermansah (kanan) tengah berebut bola dengan Ali Salmeen (kiri) pada laga UEA vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (10/10/19).

Terakhir ada Andik Vermansah yang belakangan ini peforma terus menurun bersama Timnas Indonesia. Di kuaifikasi Piala Dunia 2022 saja, Andik Vermansah tak mampu berbuat banyak saat Timnas Indonesia jadi bulan-bulanan.

Bahkan Riko Simanjuntak yang menempati posisi kanan saja masih lebih baik dibanding Andik Vermansah. Namun tak hanya Riko Simanjuntak saja, Andik Vermansah juga patut mewaspadai Navarone Foor yang ternyata juga bisa bermain sebagai sayap kanan.

Visi kelas Eropa Navarone Foor jelas akan menjadi jaminan umpan silang lebih berkelas ketimbang Andik Vermansah yang sepertinya mulai termakan usia. Kehadiran Riko Simanjuntakk saja sudah membuat Andik Vermansah susah, apalagi jika Navarone Foor ke Timnas Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
5%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
38%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
3%
IDS Emoticon Marah
Marah
32%