Liga Indonesia

3 Pencetak Gol Tercepat di Liga 1 2020 Sebelum Ditunda karena Virus Corona

Kamis, 26 Maret 2020 11:29 WIB
Editor: Juni Adi
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Bek PSIS Wallace Costa saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Bek PSIS Wallace Costa saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS.

INDOSPORT.COM - Kendati baru menjalani tiga pertandingan, Liga 1 2020 sudah menorehkan sejumlah fakta menarik, salah satunya adalah para pencetak gol tercepat.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2020 resmi ditunda oleh PSSI selama dua pekan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona, yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan.

Data terbaru dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) hingga Rabu (25/03/20) kemarin, total ada sekitar 790 jiwa yang dinyatakan positif terjangkit virus asal China tersebut..

31 orang diantaranya sembuh dan 58 orang lain meninggal dunia. Sisanya masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan pemerintah.

"Kami sudah berdiskusi dengan Menpora dan hasilnya disepakati Liga 1 memang harus berhenti. Kami juga berdiskusi tentang Liga 2 dan PT LIB sudah menyampaikan, kalau Liga 2 ikut ditunda," kata Ketua PSSI, Iwan Bule (16/03/20).

Diluar permasalahan penundaan karena pandemi virus corona, Liga 1 2020 ini bisa dibilang adalah yang paling baik perencanaannya dibanding edisi-edisi sebelumnya.

Sebab dibawah pimpinan baru Komjen Mochamad Iriawan, PSSI menepati janjinya kalau liga berjalan tepat waktu yakni pada tangga 29 Februari 2020 lalu.

Namun karena permasalahan di atas, kompetisi yang baru berjalan tiga pekan harus dihentikan dengan melahirkan Persib Bandung di puncak klasemen, usai meraih tiga kali kemenangan dengan torehan 9 poin.

Menariknya, kendati baru menjalani tiga pertandingan, Liga 1 2020 sudah menorehkan sejumlah fakta menarik, salah satunya adalah para pencetak gol tercepat. Siapa saja mereka?

1. Defri Rizki (Persiraja Banda Aceh)

Persiraja Banda Aceh tampil mengejutkan di awal musim Liga 1 2020. Bagaimana tidak, sebagai tim promosi, mereka tampil cukup baik dengan menorehkan lima poin, hasil dari satu kali menang dan dua kali imbang dari tiga laga.

Alhasil, Persiraja sukses bertengger di posisi ke-7 di atas tim-tim bertabur bintang seperti Madura United (8), Persija Jakarta (9), Bhayangakra FC (11), Arema FC (12), hingga Persebaya Surabaya (15).

Kegemilangan tim berjuluk Laskar Rencong ini juga tidak lepas dari penampilan apik salah satu penyerangnya, Defri Rizki. Pemain berusia 31 tahun itu jadi satu-satunya pemain sejauh ini yang bisa mencetak gol untuk Persiraja.

Gol itu dibuatnya ketika berhadapan melawan Persik Kediri, di pekan ke-3 pada Sabtu (14/03/20) lalu. Bermain di Stadion Brawijaya, Kediri, tim tamu menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal dicetak oleh Defri Rizky saat laga baru berjalan 1 menit 4 detik, sekaligus jadi pencetak gol tercepat di Liga 1 2020 sejauh ini.

2. Aaron Evans (PSS Sleman)

​Di urutan kedua ada nama kejutan sebagai pencetak gol tercepat di Liga 1 2020, yakni Aaron Evans. Penggawa asing PSS Sleman yang notabenenya adalah seorang bek, tak disangka bisa mencetak gol tanpa menunggu lama.

Rekor itu diciptakannya saat Evans mencetak gol ke gawang Persib Bandung, di pekan ke-3 pada Minggu (15/03/20) lalu di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Aaron Evans mencetak gol untuk membewa PSS unggul lebih dahulu dari Persib saat laga berjalan 1 menit 50 detik. Hanya berselisih 46 detik dari gol Defri Rizki.

Namun sayang, gol pemain asal Australia itu belum mampu membawa PSS meraih tiga poin karena kalah dengan skor 2-1 oleh Persib. 

Kekalahan itu membuat PSS Sleman masih terjerembab diurutan ke-16, dengan koleksi 1 poin dari satu hasil imbang, dan 2 kali kalah.

3. Wallace Costa (PSIS Semarang)

Selain Aaron Evans, ada nama bek PSIS Semarang, Wallace Costa yang juga mampu mencetak gol cepat di Liga 1 2020.

Rekor itu ia torehkan saat membobol gawang Persela Lamongan, di pekan ke-2 pada Sabtu (07/03/20) di Stadion Surajaya, Lamongan.

Wallace Costa membuka keunggulan untuk PSIS, saat pertandingan baru berjalan 2 menit 46 detik. Hingga pertandingan usai, Laskar Mahesa Jenar menang dengan skor akhri 3-2. 

Hasil positif ini membawa PSIS Semarang bertengger di urutan ke-5 klasemen sementara Liga 1 2020 dengan koleksi 6 poin, setelah mampu meraih dua kali kemenangan dan satu kali menelan kekalahan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%