Bola Internasional

Dari Belanda Hingga Inggris, intip Skuat Mini Eropa di Sepak Bola ASEAN

Kamis, 26 Maret 2020 19:38 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaei/INDOSPORT/Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Mulai dari Belandanesia hingga Melayu-Inggris, berikut gambaran mini skuad sepak bola Eropa yang berada di kawasan ASEAN. Copyright: © Grafis: Eli Suhaei/INDOSPORT/Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Mulai dari Belandanesia hingga Melayu-Inggris, berikut gambaran mini skuad sepak bola Eropa yang berada di kawasan ASEAN.

INDOSPORT.COM - Mulai dari Belandanesia hingga Melayu-Inggris, berikut gambaran mini skuad negara Eropa di ranah sepak bola ASEAN.

Benua Asia termasuk beberapa negara ASEAN sendiri memang memiliki banyak cerita dan sejarah masa lalu dengan bangsa-bangsa Eropa, tepatnya saat perang dunia terjadi di mana banyak negara Asia menjadi jajahan Eropa.

Penjajahan tersebut tidak berlangsung cepat, bahkan ada yang mencapai ratusan tahun hingga perang dunia berakhir barulah beberapa negara di ASEAN dapat memerdekakan diri.

Pasca berakhirnya perang dunia dan merdekanya sejumlah negara ASEAN, para warga negara Eropa yang sebelumnya menjadi penjajah langsung pulang ke tanah asal mereka.

Meski telah meninggalkan Asia, tidak sedikit dari warga Eropa tersebut yang masih cinta dengan bekas negara jajahannya, bahkan anak-cucu mereka banyak yang bersedia membela kampung nenek moyangnya dahulu.

Sepak bola menjadi gambaran jelas betapa masih cintanya para warga keturunan terhadap tanah lahir leluhur mereka, sehingga tidak heran jika kawasan ASEAN saat ini banyak negara-negara yang diperkuat pemain naturalisasi keturunan.

Menilik dari catatan sejarah, sejumlah negara Eropa yang dikenal kental dan cukup tangguh dalam hal sepak bola seperti Belanda, Spanyol hingga Inggris memang pernah lama menduduki kawasan ASEAN.

Imbasnya, para bekas negara jajahan mereka saat ini mulai banyak diperkuat beberapa pemain keturunan yang berasal dari tiga negara sepak bola dunia itu, bahkan bisa membentuk mini skuat bercita rasa Eropa.

Lantas Timnas ASEAN mana sajakah yang telah menggunakan jasa pemain naturalisasi dari bekas negara penjajah mereka tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum dan menulisnya.

Spanlipina (Spanyol dan Filipina)

Filipina sangat erat kaitannya dengan Spanyol, sebab mereka pernah menjadi jajahan kerajaan Spanyol selama 265 tahun dan baru merdeka pada 1898.

Sayangnya meski telah menyatakan merdeka, pada Desember di tahun yang sama, negara Filipina kembali dijajah dan kali ini giliran Amerika Serikat yang berkuasa. Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaan penuh pada 1946.

Lama menjadi negara bagian Spanyol, membuat Timnas The Azkals saat ini banyak diperkuat oleh pemain yang lahir di negara kampiun Piala Dunia 2010 tersebut.

Tercatat beberapa nama tenar asal Spanyol pernah di naturalisasi dan memperkuat Timnas Filipina, diantaranya adalah Javier Patino, Diego Bardanca hingga yang masih aktif di Timnas yakni Ángel Guirado.

Teranyar, Filipina kembali berencana menaturalisasi satu penyerang lagi bernama Bienvenido Maranon Morejon, yang lahir di El Puerto de Santa María, Spanyol. Jika rampung, maka Filipina semakin mempertegas identitas mereka sebagai Matador ASEAN.

Melayu-Inggris (Malaysia dan Inggris)

Seperti yang telah diketahui, bahwa Malaysia adalah bekas negara jajahan Inggris dan resmi merdeka pada 31 Agustus 1957 silam.

Meski tidak ada perlawanan berdarah dari Malaysia untuk meraih kemerdekaan, namun banyak warga negara Inggris saat itu yang memutuskan pulang kampung ke Eropa.

Kini setelah sekian tahun merdeka, mulai banyak para pemain keturunan Inggris yang bersedia membela Timnas Malaysia yang dulu pernah menjadi tanah kelahiran ibu mereka atau mungkin nenek moyang mereka,.

Tercatat ada beberapa pemain kelahiran Inggris yang sejauh ini telah berseragam Harimau Malaya, diantaranya adalah La'Vere Corbin-Ong serta Nick Swirad.

Bahkan Malaysia rencananya bakal menambah dua pemain naturalisasi asal Inggris, yakni Lee Tuck dan juga Jaami Qureshi yang masih berusia 16 tahun.

Belandanesia (Belanda-Indonesia)

Terakhir adalah Belandanesia yakni gabungan pemain Timnas Indonesia dengan sejumlah pemain keturunan Belanda. Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa Belanda memang sempat lama menduduki Tanah Air beberapa tahun lalu.

Kini pasca merdeka, banyak para warga Belanda keturunan Indonesia yang bersedia membela Tanah Air sekaligus mengharumkan kampung halaman nenek moyang mereka.

Tidak heran jika dalam beberapa tahun terakhir banyak meneer Belanda yang melepas paspor Eropa mereka, dan resmi menjadi WNI untuk memperkuat skuat Garuda.

Beberapa nama pemain keturunan Belanda yang telah resmi berseragam Timnas Indonesia antara lain Stefano Lilipaly, Ezra Walian, Toni Cussel, Van Beukering dan Raphael Maitimo.

Selain nama tersebut, masih banyak lagi pemain-pemain Belanda di Eropa yang antri untuk bisa segera di naturalisasi seperti Keziah Veendorp, Joey Suk, Benjamin Van Leer, Navarone Foor dan masih banyak lagi.

Andai semua pemain keturunan dari berbagai negara Eropa tersebut memperkuat negara ASEAN bekas jajahan mereka masing-masing, menarik dinanti duel klasik yang antara mini skuat Timnas Europa di kancah Asia ini. Siapakah yang bakal bersinar?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%